Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 29, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

9 Penyebab Kamu sering Merasa Kedinginan (Bagian 1)

Kedinginan. Dok/KlikDokter

Topcareer.id – Merasa kedinginan saat berada di cuaca yang sejuk, adalah manusiawi. Tapi, jika kedinginan atau menggigil di saat cuaca panas atau saat orang-orang mengatakan mereka kepanasan, itu perlu dicari tahu apa penyebabnya.

Melansir laman Health, berikut 10 kemungkinan penyebab mengapa kamu selalu merasa kedinginan meski saat cuaca panas.

1. Berat Badan Rendah

Berat badan rendah—didefinisikan sebagai BMI yang melayang di sekitar 18,5 atau di bawah—dapat membuatmu merasa kedinginan karena beberapa alasan. Pertama, ketika kamu kekurangan berat badan, kamu kekurangan tingkat lemak tubuh yang cukup untuk melindungi dirimu dari suhu dingin, kata Maggie Moon, RD, ahli gizi yang berbasis di Los Angeles, kepada Health.

Plus, BMI rendah biasanya berarti asupan makanan berkurang. Meminimalkan kalori memperlambat metabolismemu sehingga kamu tidak menghasilkan cukup panas tubuh. Jika kamu menduga kedinginan karena kekurangan berat badan, kamu mungkin mengalami gejala lain, seperti: Siklus menstruasi yang tidak teratur, Pusing, Kelelahan, Kelemahan.

2. Hipotiroidisme

“Selalu kedinginan adalah tanda hipotiroidisme, yang berarti tiroidmu tidak mengeluarkan cukup hormon tiroid,” Holly Phillips, MD, seorang internis di Lenox Hill Hospital di New York City, mengatakan kepada Health. Tanpa tingkat yang tepat dari hormon ini, metabolismemu melambat, mencegahmu menghasilkan panas yang cukup.

Tanda-tanda hipotiroidisme lainnya meliputi: rambut menipis atau rambut rontok, kulit dan rambut kering, menstruasi yang lebih lama atau lebih berat, kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Baca juga: Kurangi Risiko Stroke Dengan Kebiasaan Mandi Ini

3. defisiensi zat besi – Anemia

Tingkat zat besi yang rendah adalah salah satu alasan paling umum untuk kedinginan kronis. Itu karena zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuhmu sehingga mampu menghasilkan panas, Dr. Phillips menjelaskan.

Zat besi juga penting karena kekurangan dapat memperlambat fungsi tiroid, yang mengarah ke hipotiroidisme — yang selanjutnya membuat Anda membeku, kata Moon.

4. Sirkulasi yang buruk

Jika tangan dan kakimu sedingin es tetapi sebaliknya kamu merasa panas, maka masalah sirkulasi yang membuat darah tidak mencapai ekstremitasmu mungkin penyebabnya. Salah satu penyebab umum dari masalah sirkulasi adalah penyakit Raynaud, kadang-kadang disebut fenomena Raynaud.

Alasan lain mengapa darah sulit mencapai anggota tubuh Anda termasuk penyakit kardiovaskular, yang menyebabkan jantung Anda tidak memompa secara efektif, atau merokok, yang menyempitkan pembuluh darah, kata Margarita Rohr, MD, internis di NYU Langone Medical Center di New York City.

5. Dehidrasi

Jika kamu tidak bisa melakukan pemanasan, itu bisa menjadi sinyal bahwa kamu perlu minum lebih banyak air.

“Hingga 60% dari tubuh manusia dewasa adalah air, dan air membantu mengatur suhu tubuh. Jika kamu cukup terhidrasi, air akan memerangkap panas dan melepaskannya secara perlahan, menjaga suhu tubuhmu di zona nyaman. Dengan lebih sedikit air, tubuhmu lebih sensitif terhadap suhu ekstrem,” kata Moon.**(Feb)

Tinggalkan Balasan