Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Kadin: 10 Usaha Potensial Ini Tumbuh Selama Pandemi!

Ilustrasi industri tempe. Dok/IDN Times

Topcareer.id – Tak bisa dipungkiri, masa pandemi COVID-19 ini membuat hampir seluruh bidang usaha terkena dampaknya. Hal ini dibuktikan dengan Pengurangan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terjadi di ratusan perusahaan.

Namun, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta malah mengatakan bahwa ada 10 komoditas, produk, dan jenis usaha, yang potensial tetap bertumbuh di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Sebanyak 10 jenis usaha ini kami lihat akan terus tumbuh ke depan. Ini merupakan hasil penelitian bersama dengan beberapa instansi, salah satunya Bank Indonesia,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Bidang Koperasi dan UMKM, Ahmad Sarbini, dikutip dari kadin.id pada Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Bapenda Jakarta Buka Lowongan, Gaji Rp9-24 Juta/bulan

Adapun 10 komoditas, produk, dan jenis usaha, yang dimaksud adalah:

  1. Warung makan
  2. Restoran
  3. Aneka kue
  4. Toko kelontong
  5. Industri tempe
  6. Jasa pemrograman komputer
  7. Sewa menyewa peralatan
  8. Rumah makan padang
  9. Toko sembako
  10. Produk fesyen

Sebagia penutup, Ahmad merekomendasikan agar adanya pengembangan UMKM di antaranya pembangunan basis data untuk mengetahui sebaran usaha mikro kecil secara spasial untuk pengawasan dan pembinaan berkelanjutan.

“Selain itu, menjaga ketahanan pangan, digitalisasi UMKM, peningkatan daya saing UMKM, dukungan pembiayaan dan didukung penjaminan dari Jamkrida serta pengembangan produk unggulan ekspor UMKM,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan