Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips agar Atasan Lekas Memaafkan Kamu (Bagian 1)

Ilustrasi kerja. Dok/Parents

Topcareer.id – Ketika melakukan kesalahan di tempat kerja, tak ada cara lain yang lebih baik selain meminta maaf secara langsung kepada atasan.

Namun, terkadang meminta maaf tidak selalu berhasil membuat bos memaafkan kita. Butuh sedikit trik agar permintaan maaf yang kamu lakukan mampu meluluhkan kekesalannya.

Nah, biar enggak bingung, yuk simak tips dari Amy Morin, Psikoterapis dan penulis kekuatan mental terlaris berskala internasional dalam laman Forbes berikut ini.

Bagian pertama dari artikel

Ekspresi penyesalan

Daripada bersikeras bahwa itu bukan salah kamu, atau mengatakan sesuatu seperti, “Kamu tidak mengerti,” lebih baik tunjukkan penyesalan atas kesalahan kamu.

Kamu dapat mengatakan sesuatu seperti, “Saya benar-benar malu dengan perilaku saya.”

Baca juga: Kenapa Meminta Maaf Sering Terasa Sangat Sulit?

Penjelasan tentang apa yang salah

Jangan membuat alasan (yang menyalahkan seseorang atau sesuatu yang lain), tetapi berikan penjelasan.

Contohnya, ketika kamu tidak dapat menepati janji karena terlalu bersemangat, atau ketika kamu belum mengelola stres dengan baik, coba jelaskan itu sebaik mungkin.

Pengakuan tanggung jawab

Tahan keinginan untuk membenarkan perilaku kamu. Mengatakan sesuatu seperti, “Saya harus mengatakan itu atau kita akan kehilangan kesepakatan,” atau “Saya harus melakukan itu karena tidak ada orang lain di tim yang menarik beban mereka,” akan membuat kamu terdengar lebih buruk.

Ingatlah bahwa menerima tanggung jawab penuh menunjukkan bahwa kamu dapat melakukan yang lebih baik di masa depan.

Kesungguhan

Cobalah untuk terlihat sedikit emosional saat membicarakan kesalahan kamu. Jika tidak, kamu akan terlihat sedikit tidak peduli—atau bahkan tidak berperasaan. Akui bahwa kamu menyesal atas apa yang salah.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan