Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Karyawan Teladan

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Banyak orang memulai karier sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Dengan gaji bulanan yang tetap, serta ritme kerja yang teratur, tipe pekerjaan ini tentu banyak diminati orang.

Lalu, apa saja sih sebenarnya yang diperlukan untuk bisa menjadi karyawan yang teladan? Seperti dikutip dari Cron, berikut 5 kemampuan yang bisa kamu asah.

Kemampuan untuk Menjadi Pemain Tim

“Ketika seorang karyawan bekerja dengan baik sebagai bagian dari tim, efisiensi tempat kerja akan meningkat dan perusahaan dapat beroperasi dengan lancar,” ungkap Darrell Langley, manajer Langley Manufacturing di Nacogdoches, Texas.

Pemain tim menunjukkan komitmen kepada perusahaan dan rekan kerja mereka. Upaya ini juga tidak hanya menguntungkan diri mereka sendiri, tetapi juga mendorong anggota tim lainnya untuk tampil pada tingkat yang optimal.

Kemampuan berkomunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik, sangatlah perlu, terutama dalam menyajikan ide-ide baru kepada manajemen atau untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam suatu proyek.

“Ini penting untuk keberhasilan seorang karyawan,” kata Langley. Dia mencatat bahwa kemampuan untuk secara efektif mengomunikasikan informasi tentang proses yang mungkin tidak diketahui oleh karyawan lain, dapat membantu meningkatkan operasi perusahaan.

Baca juga: BCA Buka Lowongan untuk Fresh Graduate, Ini Syaratnya

Mampu membuat Keputusan yang Masuk Akal

Hanya karena satu keputusan yang buruk, perusahaan bisa kehilangan pendapatan besar.

Sebagian besar karyawan memang tidak akan diminta untuk membuat keputusan sebesar itu. Namun, mengeluarkan pendapat yang jitu tetap penting bagi kesuksesan seorang pekerja.

Etos Kerja yang Sangat Baik

Kualitas lain yang dicari oleh perusahaan adalah etos kerja yang baik. Pekerja dengan kualitas ini menikmati kesempatan untuk terus belajar dan berkembang bersama perusahaan.

Mereka juga siap menerima tanggung jawab dan dikenal rela “bekerja ekstra” untuk majikan mereka.

Karyawan tipe ini juga bisa diandalkan untuk datang bekerja setiap hari, tepat waktu, dan secara umum menjaga bisnis tetap berjalan.

Tak heran, mereka akan dianggap sangat berharga dan sering dipatok untuk membimbing atau mengelola karyawan lain.

Etiket

Etiket sering diabaikan ketika karyawan menilai keahlian mereka sendiri, tetapi mungkin menjadi salah satu hal terpenting yang dibutuhkan seseorang untuk sukses di dunia bisnis.

Jacqueline Whitmore, penulis “Kelas Bisnis: Etiket Penting untuk Sukses di Tempat Kerja,” mencatat bahwa setiap orang mulai dari mahasiswa hingga eksekutif bisnis berpangkat tinggi mendaftar ke kelas etiket untuk mempelajari tata krama yang mereka butuhkan untuk memiliki kepercayaan diri ketika berinteraksi dengan klien dan rekan kerja.

Bagi banyak orang, etiket yang tepat dapat memberikan perbedaan antara mendapatkan pekerjaan atau tidak, menutup penjualan, atau menghindari kesalahpahaman.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan