Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ingin Hilangkan Lemak Perut? Coba 3 Makanan Ini

Topcareer.id – Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa menahan lemak ekstra di sekitar bagian tengah tubuh atau di perut meningkatkan risiko kesehatan. Ini terutama berlaku untuk orang dengan lebih banyak lemak visceral.

Hal itu seperti dikatakan oleh Cynthia Sass, MPH, Dietitiant teregistrasi di New York, bahwa lemak perut visceral memicu peradangan, pemicu penuaan dini dan penyakit.

“Ini mungkin salah satu alasan mengapa memiliki lebih banyak jenis lemak perut ini dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker tertentu, dan bahkan penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia,” kata dia dalam laman Health.

Sass merekomendasikan beberapa makanan dan nutrisi tertentu yang telah terbukti membantu menargetkan lemak perut, termasuk beberapa makanan pokok Mediterania. Berikut di antaranya:

Alpukat

Alpukat adalah pembangkit tenaga nutrisi yang mengemas lemak baik selain serat, antioksidan, dan banyak vitamin dan mineral — termasuk potasium, mineral yang mendukung fungsi jantung dan juga membantu mengatur tekanan darah dengan bertindak sebagai diuretik alami, untuk menghilangkan kelebihan natrium dan cairan dari tubuh.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa buah ini juga dapat membantu menyerang lemak perut. Dalam studi tersebut, 111 orang dewasa diacak menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima satu alpukat segar sebagai bagian dari makanan sehari-hari, sedangkan kelompok kedua makan jumlah kalori yang sama tanpa alpukat. Setelah tiga bulan, pemakan alpukat mengalami pengurangan lemak perut visceral, efek yang tidak terlihat pada kelompok kontrol (bebas alpukat).

Baca juga: 3 Trik Minum Kopi Yang Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, makanan pokok Mediterania, menyediakan lemak sehat selain protein nabati, antioksidan, serat, dan berbagai macam vitamin dan mineral. Di antara mereka ada banyak nutrisi yang orang dewasa cenderung kurang, seperti magnesium, yang mendukung kesehatan mental dan tidur.

Data pelacakan menunjukkan bahwa orang dewasa yang secara teratur makan rata-rata harian setidaknya seperempat ons kacang-kacangan— termasuk almond, kacang Brazil, kacang mete, filberts (hazelnut), makadamia, pecan, kacang pinus, pistachio, dan kenari — memiliki penurunan berat badan, BMI dan tekanan darah dibandingkan non-pemakan kacang.

Mereka juga memiliki ukuran pinggang yang lebih kecil, yang merupakan indikator akumulasi lemak perut.

Wild salmon

Vitamin D penting untuk sejumlah fungsi, termasuk kekebalan, pengaturan kepadatan tulang, dan kesehatan mental. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat vitamin D darah yang rendah terkait dengan peningkatan lemak tubuh total dan lemak perut visceral pada wanita, dan lemak perut visceral pada pria.

Beberapa makanan merupakan sumber vitamin D yang signifikan, dan salah satu yang terbaik adalah wild salmon, yang dapat dibeli segar atau dalam kantong dan kaleng. Porsi empat ons salmon kalengan dapat memberikan 80% dari nilai harian vitamin D.

Jika kamu tidak makan ikan atau tidak menyukai salmon, carilah makanan yang telah diperkaya dengan vitamin D, seperti susu nabati tertentu, atau pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D yang menyediakan 800-1000 IU vitamin D setiap hari.**(Feb)

Tinggalkan Balasan