Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

3 Trik Minum Kopi yang Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Ilustrasi: AARP

Topcareer.id – Bagi sebagian orang kopi adalah hal yang hampir sakral untuk memulai rutinitas di pagi hari. Kopi bahkan sering dianggap sebagai pemicu produktivitas kerja. Tapi, ada yang tak bisa memanfaatkan kopi ini sebagai pemicu produktivitas.

Melansir CNBC Make It, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan kebiasaan minum kopi dan lebih produktif saat bekerja dari rumah.

1. Jangan minum kopi segera setelah kamu bangun

Minum kopi tepat setelah kamu bangun dapat menumpulkan tingkat energi alami tubuh. Pakar ilmu manajemen dan perilaku Daniel Pink telah meneliti ilmu waktu dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi produktivitas kita.

Dalam bukunya “When: The Scientific Secrets of Perfect Timing,” Pink mencatat, berdasarkan penelitian dari beberapa penelitian, bahwa waktu terbaik untuk minum kopi pertama adalah sekitar 60-90 menit setelah kamu bangun.

Itu karena kafein mengganggu produksi kortisol, hormon yang memberi sinyal pada tubuhmu untuk bangun dan responsif. Menurut penelitian ini, kadar kortisol biasanya mencapai puncaknya sekitar pukul 08:30.

2. Pilih bahan yang tepat

Biji kopi memiliki kadar kafein yang berbeda-beda tergantung cara sangrainya. Jika kamu merasa lesu dan mencari dorongan energi yang lebih kuat, raihlah kopi berlabel “light roast”, saran Mike Balderrama, seorang pendidik regional untuk Counter Culture Coffee. “Semakin gelap kamu memanggang kopi, semakin banyak kafein yang terbakar,” jelasnya.

Baca juga: Ini Yang Terjadi Pada Kulit Jika Kamu Kurang Tidur

Tetapi secangkir kopi yang sempurna, menurut Balderrama, tidak terlalu bergantung pada biji kopi yang kamu gunakan dan lebih pada bahan yang berbeda: air.

“Lebih dari 98% dari secangkir kopi tetes adalah air – jadi jika kamu memiliki air yang buruk, kamu akan mendapatkan kopi yang buruk,” katanya. Apakah kamu membuat minuman dingin atau sepoci kopi panas, ia mencatat bahwa kamu harus selalu menggunakan air yang disaring.

“Pastikan air yang kamu masukkan ke dalam minumanmu — bahkan es batu di es kopi— disaring, karena akan meningkatkan kualitas cangkirmu tanpa batas,” kata Balderrama.

3. Coba “nappucino”

Kopi dan tidur siang sendiri memang bagus, tetapi bersama-sama keduanya bisa menjadi alat yang ampuh untuk memaksimalkan kewaspadaan. Studi di Inggris dan Jepang telah menunjukkan bahwa jika kamu minum kopi segera sebelum tidur siang dan tidur selama 20 menit atau kurang, kamu dapat fokus pada pekerjaan lebih baik daripada jika kamu tidur siang biasa atau hanya minum kopi.

Ilmu di balik tidur siang kopi sederhana: tidur menurunkan jumlah adenosin, bahan kimia yang membuatmu merasa lelah, di otak dan tubuh. Kafein, yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memulai, membantu memblokir adenosin.

Dengan tidur siang selama 20 menit, kamu mengurangi jumlah adenosin dalam sistemmu dan memberikan kafein lebih sedikit bahan kimia untuk bersaing, sehingga membuatnya lebih efektif.

Tinggalkan Balasan