Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Pertanyaan yang Muncul saat Wawancara Kerja Tahap Dua (Bagian 2)

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Berhasil melalui putaran pertama wawancara kerja, lalu selanjutnya dihubungi untuk tahap wawancara selanjutnya, jadi persiapkan dirimu. Wawancara kedua dapat mengambil banyak bentuk yang berbeda, tetapi ada beberapa hal yang dapat kamu latih dan persiapkan sebelumnya.

Pada wawancara kedua, kamu mungkin akan berbicara dengan manajer perekrutan, baik satu lawan satu atau sebagai bagian dari wawancara panel. Bisa jadi pertama kalinya kamu bicara langsung dengan orang yang pada akhirnya akan memutuskan kelulusanmu dan siapa yang mungkin menjadi bosmu.

Melansir laman The Muse, coba berlatih menjawab beberapa pertanyaan ini yang kemungkinan besar akan kamu dapatkan dalam wawancara kedua.

6. Ceritakan Tentang Saat Anda Tidak Setuju dengan Rekan Kerja

Pertanyaan ini juga membahas bagaimana kamu akan bekerja dengan tim saat ini, tetapi pewawancara juga mencari beberapa wawasan tambahan tentang strategi pemecahan masalah darimu. Lebih khusus lagi, mereka mencoba mencari tahu jenis keterampilan resolusi konflik yang kamu miliki.

7. Mengapa Anda Ingin Meninggalkan Pekerjaan Anda Saat Ini/Pekerjaan Terakhir Anda?

Wawancara putaran kedua cenderung lebih menyelidik daripada wawancara putaran pertama, jadi kamu harus siap jika pewawancara ingin menggali lebih dalam. Pewawancara akan mencoba menemukan tanda bahaya dari pengalamanmu sebelumnya, termasuk mengapa kamu keluar atau meninggalkan peran terakhirmu.

Baca juga: 10 Pertanyaan yang Muncul Saat Wawancara Kerja Tahap Dua (Bagian 2)

Apakah kamu dipecat atau hanya mencari peran yang lebih menantang? Apakah ada hal lain yang tidak kamu dapatkan dari pekerjaan terakhirmu yang akan ditawarkan pekerjaan ini kepadamu.

8. Apa Tujuan Karier Jangka Pendek dan Jangka Panjang Anda?

Sekali lagi, ini adalah upaya untuk mengetahui apakah jalur kariermu dan tujuan perusahaan tumpang tindih—salah satu tujuan perusahaan adalah agar peran ini tetap diisi untuk waktu yang lama. Jadi, tidak mengherankan jika mereka akan bertanya-tanya seberapa besar kemungkinanmu ingin bertahan untuk sementara waktu.

Sasaran yang menunjukkan kecocokan yang kuat dan kesediaanmu untuk tetap bertahan bisa menjadi hal yang memberimu keunggulan dibandingkan kandidat lain yang dibawa untuk wawancara kedua.

9. Berapa Target Gaji Anda?

Kemungkinan kamu sudah membicarakan gaji dalam wawancara pertama. Sebagian besar manajer perekrutan ingin memastikan bahwa mereka mampu membayarmu sebelum membawamu untuk bertemu dengan tim. Jadi jika kamu sudah sejauh ini, kamu mungkin kurang lebih berada di halaman yang sama.

10. Apakah Ada Sesuatu Dari Wawancara Anda Sebelumnya Yang Ingin Anda Diskusikan?

Wawancara, secara teori, adalah percakapan berkelanjutan antara dua pihak. Manajer perekrutan tidak hanya mengevaluasi dirimu, tapi kamu juga meninjau perusahaan. Pertanyaan ini adalah cara untuk melanjutkan percakapan dari wawancara pertama dan sebenarnya merupakan isyarat yang baik dari pewawancara. Mereka memberimu kesempatan untuk memimpin percakapan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan