Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makan di Malam Hari Bisa Pengaruhi Kesehatanmu, Ini Alasannya

Foto Ilustrasi (pixabay)

Topcareer.id – Menurut peneliti dari Brigham and Women’s Hospital di Boston, makan di malam hari, tidak sinkron dengan ritme sirkadian alami tubuh, sehingga hal itu dapat menempatkan dirimu pada risiko diabetes.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa makan malam hari dapat menyebabkan orang membuat pilihan makanan yang lebih buruk dan menyebabkan penambahan berat badan, yang mengarah pada risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi.

Tetapi penelitian Brigham and Women melihat secara khusus bagaimana makan sepanjang malam memengaruhi kadar gula darah dibandingkan makan di siang hari.

Dalam studi tersebut, peneliti menempatkan 19 orang muda yang sehat di lingkungan yang dimaksudkan untuk meniru kerja shift malam.

Sementara semua peserta penelitian “bekerja” semalaman, hanya mereka yang makan sepanjang shift malam mengalami peningkatan intoleransi glukosa darah dan penurunan fungsi sel beta pankreas – keduanya merupakan prekursor potensial untuk diabetes tipe 2.

Baca juga: 3 Langkah Simpel Tingkatkan Kecerdasan Emosional

Para peserta yang tetap pada jadwal makan siang hari tidak melihat perubahan yang merugikan ini, meskipun terjaga sepanjang malam, para peneliti melaporkan.

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan kerja shift malam dengan peningkatan risiko kanker, aritmia jantung, dan bahkan keguguran.

“Hasil ini menunjukkan bahwa waktu makan terutama bertanggung jawab atas efek yang dilaporkan pada toleransi glukosa dan fungsi sel beta, mungkin karena ketidaksejajaran ‘jam’ pusat dan perifer di seluruh tubuh,” Frank A.J.L. Scheer, PhD, penulis koresponden dan ahli saraf dalam pengobatan tidur di Brigham and Women’s Hospital, dikutip dari laman Healthline.**(Feb)

Tinggalkan Balasan