Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 16, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Suka Dapat COD Fiktif? Begini Cara Hindarinya

Topcareer.id – Belakangan ini kasus Cash on delivery (COD) atau bayar di tempat fiktif tengah marak terjadi di berbagai daerah. Berbagai jenis barang pun dikirimkan tanpa adanya pesanan yang jelas, mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Ninja Xpress, kejadian ini kerap terjadi di 5 wilayah seperti Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Sumatera Utara.

Untuk mengatasi hal ini, Ninja Xpress pun membocorkan tips agar terhindar dari COD fiktif. Berikut ini tipsnya:

  1. Untuk menghindari modus COD fiktif, apabila menerima paket harap memperhatikan nomor telepon dan nama pengirim yang tertera di paket. Jika nomor tidak bisa dihubungi dan nama pengirim terlihat asing, dianjurkan untuk tidak menerima paket tersebut.
  2. Jika tidak sedang berada di rumah dan tidak melakukan belanja online, beri tahu keluarga di rumah supaya tidak menerima sembarang paket apapun. Prinsip ini berlaku juga apabila sedang belanja online, pastikan orang di rumah tahu apa yang sedang kita beli.
  3. Berani mengembalikan barang yang tidak dipesan kepada kurir dengan sopan. Kurir akan membantu untuk mengembalikan paket tersebut ke pihak jasa ekspedisi dan nantinya akan dilanjutkan kepada pihak e-commerce atau social commerce.
  4. Hilangkan jejak data pribadi pada paket. Biasakan untuk memisahkan kertas yang memuat data diri pada paket yang telah diterima, dan menggunting kertas tersebut menjadi potongan kecil. Upaya ini menjadi penting agar data pribadi tidak disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab.
  5. Amankan kembali data pribadi. Rutinlah mengganti password serta gunakan berbagai password untuk masing – masing akun platform belanja online, gunakan jaringan pribadi dan jangan mengandalkan wifi publik, jaga kode OTP yang biasa dikirimkan melalui platform belanja online.

Beberapa hal tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga data pribadi agar tetap aman. Tetap waspada ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply