Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengejutkan! Ini Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mencerna Makanan

Ilustrasi. (dook. SPossted)

Topcareer.id – Pernahkah kamu berpikir bagaimana sistem pencernaan kita bekerja? Apa yang terjadi pada makanan setelah kamu menelannya? Sistem pencernaan secara keseluruhan terdiri dari banyak bagian yang kompleks dan bergerak penting.

Mengutip laman Health, inilah yang perlu kamu ketahui tentang apa yang terjadi selama pencernaan, dan berapa lama biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makananmu.

Apa yang terjadi selama pencernaan?

Jelas, langkah pertama untuk mencerna makanan adalah memasukkannya ke dalam mulut dan mengunyahnya—tetapi gigi tidak melakukan semua pekerjaan di sini.

Selama proses ini, kelenjar ludah juga melembabkan makanan, membuatnya lebih mudah untuk apa pun yang kamu makan melewati kerongkongan saat menelan, menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK).

Setelah turun ke kerongkongan, makanan mencapai sfingter esofagus bagian bawah, yang merupakan otot yang berelaksasi untuk memungkinkan makanan masuk ke lambung.

Otot perut kemudian mencampur makanan dengan cairan pencernaan, dan kelenjar yang terletak di lapisan perut menghasilkan enzim dan asam lambung yang membantu makanan dipecah lebih lanjut.

Baca juga: Mengenal Tipe-Tipe Gangguan OCD (Bagian 1)

Selanjutnya, makanan melewati usus kecil dan besar. Di usus kecil, nutrisi yang dicerna dan air diserap ke dalam aliran darah, dan di usus besar, limbah cair diubah menjadi tinja, yang dipindahkan ke rektum. Rektum, yang berada di ujung bawah usus besar, menyimpan tinja sampai terdorong keluar saat buang air besar.

Berapa lama seluruh proses pencernaan biasanya berlangsung?

Waktu yang kamu perlukan untuk mencerna makanan—dari saat memasukkannya ke dalam mulut hingga saat mengeluarkannya—tergantung pada banyak faktor.

Proses ini kadang-kadang disebut sebagai waktu transit ususmu, menurut MedlinePlus, sumber dari Perpustakaan Kedokteran Nasional AS.

“Secara keseluruhan, dibutuhkan dua hingga lima hari bagi orang untuk mencerna makanan. Ini bervariasi pada setiap orang,” Rabia De Latour, MD, seorang ahli gastroenterologi di NYU Langone, mengatakan kepada Health.

Banyak hal yang dapat menjadi faktor dalam perbedaan waktu antara orang-orang di sini, tetapi sebagai permulaan, jenis makanan yang kamu makan berperan. “Makanan berserat tinggi dapat mempercepat pencernaan Anda,” kata Dr. De Latour.

Dia menambahkan bahwa makanan sederhana (makanan non-olahan) lebih mudah dicerna karena lebih sulit bagi tubuh untuk memecah bahan kimia kompleks dalam makanan olahan.

“Gula kompleks, (makanan) tinggi lemak, dan makanan berprotein tinggi akan memakan waktu lebih lama,” Christine Lee, MD, ahli gastroenterologi di Cleveland Clinic, mengatakan kepada Health.

“Juga perlu diperhatikan, sistem pencernaanmu melambat seiring bertambahnya usia,” tambah Dr. De Latour.**(Feb)

Tinggalkan Balasan