Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

8 Tips Membuat Merek yang Luar Biasa untuk Bisnis Kamu (Bagian 2)

Foto Ilustrasi (Freepik)

Topcareer.id – Saat ingin membuat brand atau merek kamu sendiri, penting bagi kamu untuk memikirkan segala hal terkait.

Kamu harus mulai memikirkan tentang bagaimana logonya, skema warna, hingga tag line dari brand kamu.

Selain itu kamu juga harus memiliki nama brand yang mudah diingat dengan pesan yang kuat.

Sistem pendukung usaha kamu dan semua legalitas yang diperlukan untuk memulai bisnis dengan brand kamu sendiri juga harus dipikirkan.

Tapi, itu semua masih tahap awal dari proses branding untuk bisnis kamu.

Nah, untuk membantu kamu membuat merek yang luar biasa, berikut ini ada delapan tips yang bisa kamu coba untuk membuat brand.

Lanjutan dari bagian pertama artikel:

5) Jangan berusaha mencoba menyenangkan semua orang
Kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang, jadi jangan mencoba menjadi segalanya bagi semua orang.

Belajarlah untuk menjadi merek terbaik bagi serangkaian produk tertentu. Karena mencoba menyenangkan semua orang itu tidak mungkin.

Jangan takut untuk menjadi diri sendiri, bahkan jika itu berarti mengatakan hal-hal yang tidak akan dilakukan orang lain.

Ingat, kamu tidak berbisnis untuk menyenangkan semua orang. Kamu bertujuan untuk mengembangkan merek kamu, bukan untuk menyenangkan semua orang.

6) Berikan value untuk pelanggan
Kamu harus bisa menghasilkan nilai atau value dengan apa pun yang kamu lakukan.

Tidak harus menjadi Apple untuk memiliki produk yang luar biasa. Bahkan produk kelas bawah banyak kok yang bisa menghasilkan banyak value bagi pelanggannya.

Saat memikirkan value untuk brand kamu, coba ajukan pertanyaan ini pada dirimu sendiri:

  • Apa yang membedakan produk, layanan, dan merek kamu dari pesaing?
  • Valeu apa yang bisa kamu berikan dan bagaimana nilai itu berbeda dari yang diberikan oleh pesaing?
  • Bagaimana manfaat dari brand kamu menyentuh emosi pelanggan?
  • Apakah merek saya sinkron dengan cara saya memasarkan diri saya sendiri?

Baca juga: Mengenal Strategi Harga Prestise Produk, Apa Gunanya bagi Bisnis Kamu?

7) Kaitkan diri dengan merek yang kuat
Merek pribadi kamu bisa diperkuat atau diperlemah oleh hubungan kamu dengan merek lain.

Coba temukan dan manfaatkan merek yang sudah ada lebih dulu dan kuat agar kamu bisa meningkatkan merek kamu sendiri.

Anda dapat mulai dengan melihat perusahaan, perguruan tinggi, dan rekan kerja.

Misalnya, kamu bisa menyumbangkan konten ke buletin atau blog alumni atau perusahaan kamu.

8) Lakukan brand awareness
Terakhir, kamu bisa mulai menyebarkan brand awareness merek kamu dengan menggunakan beberapa teknik sbb:

  • Menyiapkan program rujukan
  • Membuat infografis
  • Menawarkan konten premium gratis
  • Bermitra dengan bisnis lokal
  • Memasang iklan di mobil kamu
  • Menjalankan kontes media sosial
  • Hosting podcast
  • Menyiapkan iklan dan kampanye pemasaran

Bagaimana? Sudah mulai paham sekarang? Terus kembangkan kemampuan kamu ya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan