Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Agustus 12, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini 3 Macam Minuman yang Membuat Napas Bau

Ilustrasi. (dok. Howstuffworks)

Topcareer.id – Jika kamu sedang mengobrol dengan teman dan mendapati bahwa mereka menjauhimu, itu mungkin menandakan nafasmu bau. Semua orang tahu bahwa makanan tertentu seperti bawang putih menyebabkan bau busuk di mulut, ada juga minuman tertentu yang buruk untuk napasmu.

Gigi Meinecke, DMD, seorang dokter gigi dari Academy of General Dentistry yang berbasis di Potomac, Maryland mengatakan bahwa bau mulut biasanya berasal dari salah satu dari tiga hal: refluks asam dari lambung; tetesan post-nasal dari saluran udara; dan zat yang disebut senyawa sulfur volatil, atau VSC, di dalam mulut.

“Mulut adalah rumah bagi banyak spesies bakteri yang bertahan hidup pada makanan yang kamu makan, dan ketika bakteri mencerna makanan, mereka menghasilkan VSC yang bau, yang pada gilirannya bertanggung jawab atas bau mulut yang tidak sedap,” kata Meinecke dikutip dari Health.

Berikut ini minuman yang paling buruk untuk napasmu:

Kopi

Jutaan orang mungkin menyukainya, tetapi kebanyakan dari kita tidak begitu tergila-gila dengan satu efek samping yang tidak menguntungkan: nafas kopi. Kopi itu sendiri mengandung belerang yang bau, yang berkontribusi pada bau mulut.

Baca juga: Bukan Jam 9 Malam, Ini Waktu Terbaik Untuk Tidur Demi Kesehatan Jantung

Jika kamu berpikir menukar teh adalah jawabannya, editor contributor nutrisi Health, Cynthia Sass, MPH, RD, mengatakan untuk berpikir lagi. “Terlalu banyak kafein dapat mengeringkan mulutmu, yang meningkatkan bau, karena air liur membantu membersihkan bakteri dan partikel makanan yang menyebabkan bau mulut.”

Alkohol

Dalam sebuah studi April 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Microbiome, para peneliti memeriksa komunitas bakteri sampel ludah dari lebih dari 1.000 sukarelawan sehat berusia antara 55 dan 84 tahun. Mereka menemukan konsentrasi bakteri “jahat” yang lebih tinggi terkait dengan penyakit gusi, pemicu napas – pada sukarelawan yang melaporkan minum alkohol.

“Selain mengubah bakteri di mulut, alkohol juga dapat memicu refluks asam, yang menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan, dan asam itu memiliki bau,” tambah Sass.

Minuman berkarbonasi

Ada asam dalam soda dan minuman berbuih lainnya yang membuat mereka mendesis—tetapi asam adalah penyebab utama bau mulut. Keasaman mengeringkan mulutmu, membiarkan bakteri dan makanan berlama-lama, akhirnya menyebabkan bau mulut, kata Dr. Meinecke.

Tinggalkan Balasan