Topcareer.id – Untuk usaha kecil, mungkin teknologi bukan sebagai ‘tulang punggung’ utama yang berada di depan. Tapi, teknologi tetaplah memainkan peranan penting dalam pertumbuhan dan efisiensi bisnis apapun.
Dalam Business News Daily, pakar-pakar teknologi dan pemilik usaha kecil berbagi tentang tren teknologi atau perubahan terbesar terkait teknologi untuk usaha kecil di tahun mendatang, berikut trennya.
4. Fokus pada keamanan siber (cyber security)
Menurut penelitian dari BullGuard, hampir 60% bisnis kecil berpikir bahwa kecil kemungkinan mereka akan menjadi sasaran serangan siber. Namun, banyak usaha kecil memang terkena serangan siber dan pelanggaran data, jadi tahun 2021 seharusnya menjadi tahun bagi pemilik usaha kecil untuk mulai melawan.
Jim Lippie, manajer umum komputasi awan untuk perusahaan perangkat lunak Kaseya, mengatakan usaha kecil dan menengah (UKM) harus mulai melihat keamanan melalui lensa bisnis perusahaan.
“UKM, seperti rekan-rekan perusahaan besar mereka, akan mengunci solusi backup dan pemulihan bencana yang komprehensif untuk tetap terlindungi, dan juga membentuk rencana permainan pemblokiran dan penanganan standar baru untuk menjaga bisnis lebih aman.”
5. Penekanan yang lebih besar pada otomatisasi
Otomasi telah lama menjadi kata kunci di kalangan bisnis kecil, tetapi 2021 bisa menjadi tahun di mana ia menempati posisi terdepan. Omri Traub, CEO dan pendiri Popcart, percaya pemilik bisnis akan menghabiskan tahun 2021 dengan serius melihat otomatisasi sebagai cara untuk menghemat uang dan menutupi area bermasalah.
Baca juga: Cara Pekerja Migran Pertahankan Komunikasi Dengan Anak
“Dengan berlanjutnya kekurangan pekerja dalam domain tertentu, investasi otomatisasi akan terus meningkat. Contoh untuk bisnis kecil termasuk otomatisasi harga online untuk menyeimbangkan profitabilitas dan pertumbuhan pendapatan, serta sistem manajemen inventaris untuk memastikan jumlah inventaris yang sempurna ada di tangan,” kata Traub.
6. Orientasi jarak jauh (remote onboarding)
Saat ini lebih banyak orang akan mencari pekerjaan jarak jauh. Dan karena semakin banyak bisnis yang merangkul model baru ini dan potensi penghematan yang dapat diperoleh darinya, mereka harus mengandalkan teknologi untuk menangani proses orientasi jarak jauh.
Onboarding adalah bagian integral dari perekrutan karyawan baru dan mempercepat mereka dengan tanggung jawab dan budaya perusahaan. Tanpa kemampuan orang untuk terhubung secara langsung, baik karena pandemi atau lokasi geografis mereka, perusahaan akan menggunakan perangkat lunak untuk melakukannya, kata Staples.
“Teknologi yang memastikan setiap langkah pengalaman orientasi direncanakan dan diatur secara profesional akan membantu perusahaan memastikan anggota tim baru mereka merasa diterima,” katanya, mengutip sebuah studi Hibob yang menemukan bahwa pengalaman orientasi yang buruk mendorong hampir dua pertiga pekerja untuk mencari pekerjaan baru.
Staples menambahkan, perusahaan akan berinvestasi lebih banyak dalam teknologi yang membantu orang memahami bagan [organisasi] tentang siapa yang ada di perusahaan [dan] membiasakan diri dengan koneksi relevan yang mereka butuhkan untuk membuat di luar tim langsung mereka.