Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tren “Menggoreng” dengan Air Fryer, Apakah Sehat?

Air fryer

Topcareer.id – Sekarang tren memasak menggunakan air fryer, di mana menggoreng dilakukan tanpa minyak, namun hasil tetap renyah dan keemasan. Tetapi apakah peralatan dapur yang relatif terjangkau ini memasak makanan dengan cara yang lebih sehat daripada penggorengan tradisional?

Dalam laman Health, seorang Nutrisionis bersertifikat, Cynthia Sass, MPH, RD berbagi soal pendapatnya tentang penggunaan air fryer dari segi kesehatan.

Terlepas dari namanya, air fryer tidak “menggoreng” makanan. Tidak seperti penggorengan dalam, yang mengandalkan merendam makanan dalam minyak yang mendesis, air fryer bekerja dengan mengedarkan udara panas dengan cepat dan merata di sekitar makanan.

Aliran udara, dikombinasikan dengan suhu tinggi sekitar 350 derajat hingga 400 derajat Fahrenheit, membuat lapisan luar menjadi renyah tanpa mengeringkan bagian tengahnya.

Apakah air fryer sehat?

Secara umum, penggorengan udara atau air fryer ini adalah metode memasak yang sehat, terutama jika dibandingkan dengan penggorengan umumnya.

“Faktanya, ulasan tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa mengonsumsi gorengan empat kali atau lebih dalam seminggu dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, obesitas, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung,” kata Sass. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari air fryer:

Baca juga: Ini Mungkin Penyebab Lidahmu Berwarna Putih

1. Air fryer mengurangi jumlah akrilamida dalam makanan

Makanan yang digoreng mengandung akrilamida dalam jumlah tinggi—zat yang terbentuk saat karbohidrat dipanaskan hingga suhu tinggi—yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan juga mengklasifikasikan akrilamida sebagai “cukup diantisipasi untuk menjadi karsinogen manusia” berdasarkan penelitian pada hewan yang menemukan bahwa itu dapat menyebabkan kanker.

Kabar baiknya adalah alat air fryer tampaknya menghasilkan jumlah akrilamida yang lebih rendah. Faktanya, satu studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menemukan bahwa kentang goreng memiliki akrilamida 90% lebih sedikit dibandingkan dengan versi yang digoreng.

2. Air fryer mengurangi kalori

Manfaat lain dari penggorengan udara adalah mereka memangkas kalori, karena mereka membutuhkan minyak yang jauh lebih sedikit. Misalnya makanan yang digoreng mungkin hanya membutuhkan satu sendok teh minyak, yang hanya menambahkan 40 kalori.

Sebaliknya, hanya satu sendok makan minyak yang diserap ke dalam makanan selama menggoreng dapat menambah sekitar 120 kalori. Oleh karena itu, menukar makanan yang digoreng dengan yang digoreng dapat membantu mengatur berat badan.

3. Air fryer tidak menghasilkan beberapa senyawa beracun yang ditemukan dalam makanan yang digoreng

Mengurangi minyak melalui air fryer juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Misalnya, ketika minyak digunakan kembali untuk menggoreng (seperti yang sering terjadi di restoran), kualitasnya menurun, menipisnya antioksidan makanan, dan memproduksi bahan kimia berbahaya yang disebut spesies oksigen reaktif, menurut satu studi tahun 2015.

Mengkonsumsi makanan dengan lebih sedikit antioksidan dan lebih banyak produk sampingan berbahaya ini membahayakan sistem pertahanan antioksidan tubuh, sehingga meningkatkan risiko penyakit.

Tinggalkan Balasan