Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

10 Cara Bikin Karyawan Bahagia Meski Bukan Naik Gaji (Bagian 1)

Topcareer.id – Kenaikan gaji atau uang memang membuat karyawan tersenyum. Tapi, itu bukan satu-satunya cara membuat karyawan tetap ceria. Ada banyak penawaran benefit yang bisa diajukan, misal keseimbangan kehidupan kerja, yang bisa meningkatkan semangat karyawan.

Meski bukan naik gaji, berikut ini ada 10 cara untuk membuat tim tetap bahagia yang bisa membantu meningkatkan semangat karyawan, seperti dilansir dari laman Business News Daily.

1. Prioritaskan keseimbangan kehidupan kerja

“Untuk melibatkan tenaga kerja dan tetap kompetitif, tidak lagi cukup hanya berfokus pada manfaat. Pengusaha papan atas menciptakan lingkungan di mana karyawan merasa terhubung dengan organisasi dan memiliki pengalaman kerja positif yang merupakan bagian dari kehidupan yang kaya dan memuaskan,” kata David Ballard, asisten direktur eksekutif untuk psikologi terapan di American Psychological Association

2. Jadikan karyawan bagian dari gambaran besar perusahaan

“Manfaat terbaik yang dapat kamu berikan kepada karyawan adalah kesempatan untuk membuat perbedaan melalui pekerjaan mereka dan membantu memandu jalannya perusahaan,” kata Anthony Smith, CEO dan pendiri Insightly.

Baca juga: Mau Jadi Miliarder? Setop 11 Pemikiran Ini (Bagian 1)

Manfaat seperti komunikasi yang jelas tentang perusahaan, arahan individu dan departemen, dan gambaran besar arah perusahaan membuat semua perbedaan dalam kebahagiaan karyawan.

3. Bersikaplah transparan dan jujur

“Umpan balik dan kemampuan untuk memahami kekhawatiran karyawan adalah penting, tetapi apa yang kamu lakukan setelah itu sangat penting untuk retensi. Kamu harus selalu transparan dengan membagikan apa yang telah kamu pelajari dan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut,” sebut Laura Grieco, direktur SDM dan administrasi di ParkMobile.

Misalnya, lanjut dia, setelah survei keterlibatan seluruh perusahaan, lalu memilih untuk membagikan hasilnya dengan semua karyawan.

4. Tawarkan lebih banyak waktu liburan

“Hadiahi karyawanmu yang berkinerja terbaik dengan hari libur tambahan. Karyawan ini adalah superstar, jadi kamu dapat yakin bahwa mereka akan menyelesaikan pekerjaan mereka serta menikmati beberapa hari tambahan waktu istirahat yang layak bersama keluarga dan teman,” kata Stacia Pache, pendiri dan CEO ItBandz.

5. Dorong komunikasi di area-area umum

Tom Heisroth, wakil presiden senior di Staples Advantage mengatakan, bisnis harus mengambil langkah-langkah untuk menciptakan ruang di mana karyawan dapat dengan mudah berkomunikasi dan berbagi ide.

“Percakapan santai di ruang istirahat dapat menjadi percakapan kolaboratif. Buatlah menarik dan efektif, dengan furnitur, meja, dan makanan ringan serta minuman yang bagus, jika memungkinkan,” ujarnya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan