Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Mantan Agen FBI Ungkap 8 Tanda Orang Tidak Jujur (Bagian 1)

Ilustrasi (Dok. Wellbeingart)

Topcareer.id – Orang yang tidak jujur atau kerap berbohong itu bisa dikenali dengan beberapa tanda. Robin Dreeke yang merupakan penulis buku terlaris dan pensiunan Agen Khusus FBI berbagi ilmu bagaimana mengenali orang-orang yang penuh dengan tipuan.

“Sebagai pensiunan agen khusus FBI dan mantan kepala Program Analisis Perilaku Kontra Intelijen, saya menghabiskan 21 tahun mengalahkan orang-orang yang tujuan utamanya adalah penipuan dan tipu daya,” kata Dreeke dalam laman CNBC Make It. Berikut adalah tanda-tanda peringatan terbesar yang mengungkapkan orang yang tidak jujur.

1. Mereka berbicara secara mutlak, seperti ‘selalu’ dan ‘tidak pernah’

Mutlak dimaksudkan untuk mendukung suatu sudut pandang, tetapi mereka jarang benar dan dapat dengan mudah menghasut penyangkalan dan penentangan.

Ketika seseorang berkata, “Kamu tidak pernah memujiku,” misalnya, mereka hanya memohon agar kamu mengatakan: “Itu konyol! Aku ingat memberimu pujian!” Bahkan ketika kamu tahu bahwa seseorang hanya melebih-lebihkan, sulit untuk mengetahui apakah mereka mengetahuinya.

Orang-orang yang dapat dipercaya cenderung menggunakan kata-kata yang melembutkan kemutlakan, seperti “biasanya”, “sering”, “mungkin”, “kadang-kadang”, “sering”, dan “umumnya”.

2. Mereka membual dengan mengecilkan prestasi mereka

Banyak orang mengira mereka tahu cara menyombongkan diri, tetapi sebenarnya tidak. Beberapa menunggu saat yang tepat dalam percakapan untuk dengan santai melemparkan 15 detik promosi diri mereka. Dan ketika kamu memberi mereka pujian yang mereka cari, mereka mengabaikannya.

Baca juga: Bingung Pilih Karier Yang Cocok Buat Kamu? Ikut Tes Gratis Ini

Jika mereka menjatuhkan nama, mereka menyebut “Nama Besar” dalam kelompok yang tidak diketahui, seolah-olah mereka bahkan tidak menyadari pencarian status mereka. Contoh lain mungkin rekan kerja yang selalu berusaha meyakinkan bahwa kamu akan dapat melakukan sesuatu yang lebih baik daripada mereka, dengan kedok dorongan.

3. Mereka mencoba menyenangkanmu dengan menilai orang yang kamu berdua kenal

Mereka menyiratkan bahwa kamu lebih baik daripada orang lain itu, jika tidak, mereka tidak akan mengungkapkan ketidaksetujuan mereka. Mereka memberimu kesempatan untuk melompat dengan ketidaksetujuanmu sendiri untuk orang-orang itu, seolah-olah itu adalah bentuk ikatan yang sehat.

Sementara itu, yang kamu pikirkan hanyalah: Apa yang mereka katakan tentang saya ketika saya tidak ada?

4. Mereka sangat defensif

Sifat berbahaya! Dan salah satu yang paling umum. Mereka mengubah kritik terhadap diri mereka sendiri menjadi lelucon atau pernyataan ofensif yang tidak masuk akal. Mereka cemberut. Mereka bertindak pasif agresif. Mereka mengubah topik pembicaraan. Mereka mendistorsi “tuduhan”. Atau mereka mundur begitu saja.

“Ini adalah cara orang-orang yang tidak jujur memasang tameng mereka,” sebut Dreeke.**(Feb)

Tinggalkan Balasan