Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 8, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Tips Mengatasi Sindrom Pasca Liburan

Ilustrasi penduduk usia kerja terdampak covid-19Ilustrasi work. Dok/Skillroads

Topcareer.id – Banyak orang memanfaatkan waktu musim liburan natal dan tahun baru untuk sejenak menghindar dari hiruk pikuknya pekerjaan di kantor.

Ada yang mengambil cuti agar bisa mendapat ekstra hari libur, dan banyak juga yang menjalani liburan sesuai tanggal kalender saja.

Namun, hal yang mungkin sama diderita oleh siapapun setelah liburan yakni depresi, sebab saat sedang nyaman menikmati liburan, tiba-tiba harus menghadapi kenyataan bahwa liburan telah usai.

Perasaan depresi semakin terasa hingga menimbulkan sindrom pasca liburan.

Jika hal ini terjadi pada dirimu, kamu dapat mencoba tujuh tips berikut ini untuk mengatasi sindrom pasca liburan yang tidak membahagiakan ini.

Bicaralah dengan seseorang secara verbal, bukan dengan pesan teks
Pikirkan tentang seseorang yang kamu senangi, ajak bicara atau hubungi orang itu di telepon.

Daripada mengeluh tentang suasana hati kamu, tanyakan kepada mereka tentang bagian terbaik dari liburan mereka atau momen paling menyenangkan.

Keluar rumah
Hilangkan suasana yang berasal dari ruangan rumah yang tidak memiliki aktivitas atau teman dengan pergi keluar dari rumah.

Bahkan cuaca mendung pun tetap bisa membantu meningkatkan energi saat kamu keluar rumah.

Cobalah parkir mobil jauh dari pintu masuk toko atau mall sehingga kamu harus berjalan beberapa meter untuk mengurangi rasa unmood.

Baca kembali kartu ucapan
Kartu ucapan adalah tradisi yang akan ketinggalan zaman, tetapi jika kamu memilikinya, bacalah.

Melakukannya akan membantu kamu masuk ke bank memori orang lain untuk sementara waktu, alih-alih merenungkan depresi kamu.

Tidak punya kartu ucapan? Lihatlah surat-surat lama atau e-mail dari teman dan keluarga dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Tips Isi Liburan Sekolah Anak di Masa Pandemi Menurut Psikolog UGM

Berolahraga
Jika kamu merasa sedih, kemungkinan besar kamu hanya ingin duduk dan menatap langit sambil merasa pasrah.

Sebelum kamu menyerah pada hal itu, berolahragalah dengan penuh semangat. Ini akan membawa perubahan suasana hati kamu.

Lihat ke depan, bukan ke belakang
Renungkan satu hal yang kamu inginkan terjadi tahun ini. Pikirkan satu hal yang kamu inginkan pada tahun ini dan kemudian buat rencana untuk mewujudkannya.

Memasak
Cobalah memasak sesuatu yang baru yang tidak mengingatkan kamu pada makanan hari libur, sehingga Kamu mendapatkan aroma baru di rumah.

Memasak sesuatu dengan kreatif bisa merangsang pemikiran yang berbeda dan membuatmu merasa lebih baik saat berhasil membuatnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan