Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Tips Isi Liburan Sekolah Anak di Masa Pandemi Menurut Psikolog UGM

Ilustrasi. (dok. Platinum Mosquito)

Topcareer.id – Libur akhir tahun berbarengan dengan libur sekolah, saatnya mengisi liburan bersama anak-anak. Namun, di tengan pandemi seperti ini apakah tetap bisa mengisi waktu liburan dengan seru dan tetap aman?

Psikolog dari UGM, Dr. Diana Setiyawati, menyampaikan bahwa liburan di tengah pandemi perlu disiapkan dengan baik oleh keluarga.

“Hal yang harus dipersiapkan adalah membuat program kreatif terencana untuk family time. Misalnya main kuis bersama, masak bersama, dan kegiatan lain sambil diskusi tentang keluarga,” kata Diana dalam pers rilis UGM, dikutip pada Rabu (29/12/2021).

Agar liburan tetap terasa liburan bagi siswa, Dosen Fakultas Psikologi UGM ini menyarankan orang tua untuk merencanakan rutinitas yang berbeda dari biasanya agar liburan benar-benar terasa libur bagi anak.

Sebab, kata dia, sejak pandemi Covid-19 menjadikan kondisi pembelajaran siswa berbeda dengan sebelum pandemi begitupun dengan liburan sekolah.

Baca juga: Rutinitas Pagi Yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental Kamu (Bagian 1)

“Jika ada tugas yang diberikan sekolah semasa libur, tugas-tugas yang ada bisa dimaksimalkan dikerjakan bersama keluarga,” tuturnya.

Peneliti Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM ini menuturkan liburan tidak harus diisi dengan berlibur ke luar rumah terlebih saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19.

Namun, jika akan berlibur ke luar rumah Diana mengimbau untuk berlibur dengan memilih destinasi wisata yang aman. Selain itu tetap mematuhi protokol kesehatan, memilih moda transportasi yang aman serta pemilihan waktu yang tepat.

Apabila ingin menghabiskan waktu liburan dengan tetap di rumah, Diana mengatakan ada banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga.

Selain membuat acara seru bersama keluarga seperti memasak, bermain bersama dan lainnya, liburan dirumah juga dapat diisi dengan mengikuti program online. Misalnya piknik online, bioskop online dan kegiatan seru online lainnya.

Tinggalkan Balasan