Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sinar Matahari Bisa Mendukung Kesehatan Fisik Dan Mental

BahagiaBahagia

Topcareer.id – Kamu pasti sering mendengar risiko terlalu banyak terpapar sinar matahari seperti kanker kulit maupun ancaman dari SPF.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada juga efek positif dari paparan sinar matahari selain memberi asupan yang cukup untuk memperoleh ragam manfaat vitamin D.

Matahari selain bisa melakukan banyak hal baik untuk tubuh, menyerap sinarnya juga bisa lho memberikan keajaiban bagi kesehatan mental.

Berikut ini adalah cara matahari dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kamu.

Peningkatan Mood
Ternyata wajah ceria lebih dari sekadar ekspresi, para peneliti di Brigham Young University, AS menemukan lebih banyak tekanan kesehatan mental pada orang-orang selama musim hujan atau mereka yang sedikit terpapar sinar matahari.

Orang yang kesehariannya banyak terpapar sinar matahari dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Pada kenyataannya, ketersediaan sinar matahari setiap hari berdampak pada suasana hati daripada cuaca hujan atau mendung.

Mendapatkan sinar matahari bisa meningkatkan serotonin dan membantu mencegah Seasonal Affective Disorder (SAD).

Paparan sinar matahari setiap hari juga dapat membantu orang dengan kecemasan dan depresi, terutama dalam kombinasi dengan perawatan lain.

Kualitas Tidur Lebih Tinggi
Serotonin yang kamu serap dari sinar matahari tidak hanya meningkatkan suasana hati, tetapi juga membantumu tidur lebih nyenyak.

Bekerja bersama dengan serotonin adalah melatonin, zat kimia di otak kamu yang membuatmu tertidur. Cukup tidur tentu berdampak pada kesehatan mental yang baik.

Menderita insomnia? Cobalah untuk mendapatkan sinar matahari di siang hari sehingga kamu bisa tidur nyenyak di malam hari.

Menurunkan Tekanan Darah
Saat sinar matahari mengenai kulit, tubuhmu melepaskan sesuatu yang disebut oksida nitrat ke dalam darah.

Senyawa ini menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Menjaga tekanan darah yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Perasaan rileks juga dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan menjaga kesehatan mental.

Jadi, tingkatkan mental dan perasaan bahagia serta jaga tekanan darah kamu dengan menyerap sinar matahari setiap hari.

Baca juga: Kota Ini Tidak Mendapat Sinar Matahari Selama 5 Bulan dalam Setahun. Ini yang Dilakukan Penduduknya

Matahari bisa menjadi teman terbaik tubuh kamu. Ini tidak hanya meningkatkan suasana hati, tapi bisa menjadi bagian yang efektif dari pengobatan untuk depresi dan SAD.

Seasonal Affective Disorder (SAD) terjadi di wilayah di mana hanya ada lebih sedikit sinar matahari pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Gejala SAD termasuk kelelahan, depresi, putus asa dan menarik diri dari kehidupan sosial.

Sinar matahari memiliki manfaat nyata untuk kesejahteraan fisik dan mental.

Saat kamu terjebak dalam kondisi cuaca mendung selama seminggu atau lebih? Pertimbangkan lampu terapi cahaya sebagai alternatif pengganti matahari jika cuaca mendung masih terus berlanjut.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply