Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Lagi Tren, Investor di AS Borong Tanah Virtual Jutaan Dollar di Metaverse

Ilustrasi tanah virtual metaverse. (dok. Daily News Day)

Topcareer.id – Bukan rahasia lagi bahwa pasar real estat meroket, tetapi pandemi Covid menciptakan serbuan pembelian tanah yang tidak banyak diketahui orang. Para investor membayar jutaan dollar AS untuk sebidang tanah, tapi tidak secara fisik ada di bumi.

Sebaliknya, tanah itu terletak online, di satu set dunia virtual yang oleh orang dalam teknologi dijuluki metaverse. Harga untuk plot telah melonjak sebanyak 500% dalam beberapa bulan terakhir sejak Facebook mengumumkan akan all-in pada virtual reality, bahkan mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms.

“Metaverse adalah iterasi berikutnya dari media sosial,” kata Andrew Kiguel, CEO Tokens.com yang berbasis di Toronto, yang berinvestasi dalam real estat metaverse dan aset digital terkait token yang tidak dapat dipertukarkan, dikutip dari laman CNBC.

“Anda bisa pergi ke karnaval, Anda bisa pergi ke konser musik, Anda bisa pergi ke museum,” kata Kiguel.

Di dunia maya ini, orang-orang nyata berinteraksi sebagai karakter seperti kartun yang disebut avatar, mirip dengan video game multipemain realtime.

Baca juga: Iseng Jual NFT Foto Selfie, Pria Ini Untung Jutaan Rupiah Per Lembarnya

Saat ini, orang dapat mengakses dunia ini melalui layar komputer biasa, tetapi Meta dan perusahaan lain memiliki visi jangka panjang untuk membangun dunia imersif 360 derajat, yang akan diakses orang melalui kacamata realitas virtual seperti Oculus Meta.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh manajer aset crypto Grayscale memperkirakan dunia digital dapat tumbuh menjadi bisnis senilai 1 triliun Dollar AS dalam waktu dekat.

Di sini, artis besar, termasuk Justin Bieber, Ariana Grande dan DJ Marshmello, tampil sebagai avatar mereka sendiri. Bahkan Paris Hilton DJ mengadakan pesta Malam Tahun Baru di pulau virtualnya sendiri.

Perusahaan Kiguel baru-baru ini menjatuhkan hampir 2,5 juta Dollar AS di sebidang tanah di Decentraland — salah satu dari beberapa dunia metaverse yang populer. “Harga telah naik 400% hingga 500% dalam beberapa bulan terakhir,” kata Kiguel.

Dunia metaverse panas lainnya adalah Sandbox, tempat perusahaan pengembangan real estat virtual Janine Yorio, Republic Realm, menghabiskan rekor 4,3 juta Dollar AS untuk sebidang tanah virtual.

Dunia digital, bagi sebagian orang, sama pentingnya dengan dunia nyata.

Yorio memberi tahu CNBC bahwa perusahaannya menjual 100 pulau pribadi virtual tahun lalu seharga 15.000 Dollar AS masing-masing. “Hari ini, masing-masing mereka menjual sekitar 300.000 Dollar AS, yang kebetulan sama dengan harga rumah rata-rata di Amerika,” katanya.

Tinggalkan Balasan