Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Keren! Wanita Ini Ciptakan Chip Pendeteksi Kanker

Dok/Twitter

Topcareer.id – Seorang insinyur wanita asal Arab Saudi, Dana Al-Sulaiman, yang bekerja sebagai Asisten Profesor di King Abdullah University Of Science And Technology (KAUST) telah memenangkan penghargaan ‘Innovators Under 35,’ karena telah berhasil menciptakan chip yang mampu mendeteksi berbagai jenis kanker dalam tubuh manusia.

Dana Al-Sulaiman menjelaskan kepada channel Alekhbariya tentang inovasinya, “Ini adalah chip kecil yang terbuat dari jarum mikro yang dilapisi dengan zat yang ditempatkan di kulit dan mampu menyerap cairan serta mendeteksi biomarker kanker dengan mudah dalam cara non-invasif.” Kata Dana.

Dana juga menunjukkan bahwa inovasi tersebut telah mendapatkan hak paten di Amerika Serikat.

Teknologi temuannya saat ini sedang dikembangkan dan diproduksi dari bahan yang sustainable di Universitas King Abdullah di Arab Saudi untuk segera dikirimkan ke dokter di semua rumah sakit.

“Alasan yang mendorong saya untuk membuat ini adalah proses yang menyakitkan dan membosankan dari cara tradisional di mana sampel diambil dari pasien,” jelas Dana.

Baca juga: Vaksin mRNA Mampu Induksi Antibodi Pasien Kanker

KAUST memberi selamat kepada Dana Al-Sulaiman atas inovasinya pada platform microneedle fungsional berlapis hidrogel yang membantu pengambilan sampel non-invasif dan penemuan bio-parameter kanker secara cepat dari jaringan interstisial jaringan kulit.

‘Innovator Under 35’ berusaha untuk menghormati para ahli teknis, peneliti pria dan wanita, ilmuwan pria dan wanita yang usianya di bawah 35 tahun.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan