Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, December 3, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

4 Cara Tingkatkan Kualitas Hubungan dengan Rekan Kerja di Masa Pandemi

Ilustrasi lowongan kerja. Dok/Pixabay

Topcareer.id – Dengan masih adanya penguncian dan pembatasan yang sedang berlangsung di banyak wilayah, pekerjaan masih akan terlihat berbeda bagi banyak orang.

Mungkin kamu terpisah dari rekan kerja dan melewatkan makan siang atau obrolan bersama saat istirahat.

Apapun situasinya, banyak orang bertanya-tanya tentang cara terbaik untuk terhubung dengan rekan kerja mengingat perubahan signifikan akibat COVID-19.

Faktanya, 61% orang Australia mengatakan bahwa mereka merasa lebih sulit untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan rekan kerja mereka sejak pandemi COVID-19 mengganggu tempat kerjanya.

Jadi, apa yang diperlukan untuk membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja kamu di masa pandemi ini?

Berikut ini ada empat tips yang bisa meningkatkan kualitas hubungan dengan rekan kerja di masa sulit akibat pandemi.

Naikkan frekuensinya
Tanpa kedekatan fisik, seberapa sering kamu terhubung dengan kolega di kantor menjadi jauh lebih penting.

Kamu tidak bisa hanya menghubungi mereka sebulan sekali dan berpikir itu cukup untuk mempertahankan hubungan kerja yang memuaskan.

Cobalah beri asupan hubungan kamu dengan rekan kerja dengan mengirim email, pesan teks atau suara, memulai panggilan telepon ataupun video.

Ini akan sangat membantu kamu dan rekan kerja tetap merasa terhubung satu sama lain.

Cari kesamaan minat
Memperhatikan kesamaan yang kamu miliki dengan rekan kerja bisa membantu membangun hubungan profesional yang kuat.

Kesamaan minat mungkin terkait pekerjaan, seperti orang yang tertarik dengan peran manajerial atau mereka yang ingin mempelajari keterampilan baru.

Atau kamu bisa juga mencari kesamaan di luar pekerjaan. Misalnya, kamu mungkin memiliki rekan kerja yang juga memiliki anak balita.

Kemiripan ini dapat digunakan sebagai alat untuk membantu memelihara koneksi dengan mereka.

Baca juga: Kamu dan Rekan Kerja Perlu Terapkan Daftar Aturan Ini Saat WFH

Fokus pada timbal balik
Kamu pasti cenderung tertarik pada orang yang menurutmu tertarik pada dirimu.

Coba luangkan waktu untuk memikirkan masing-masing rekan kerja kamu dan apa yang dapat kamu lakukan untuk mereka.

Kamu mungkin memiliki rekan kerja yang ingin berbicara selama rapat, tetapi merasa kesulitan. Kamu bisa membantu mereka menumbuhkan kepercayaan dirinya dengan bersikap bijaksana dan sensitif.

Misalnya, kamu bisa mendorong mereka untuk membagikan pemikiran mereka dalam sebuah meeting dengan mengatakan sesuatu seperti, ‘Julia, saya tahu Anda memiliki beberapa ide bagus tentang masalah ini, bagaimana menurut Anda?’

Ini akan membuat mereka tahu bahwa kamu mendukung mereka. Timbal balik baiknya mereka akan cenderung memperhatikan kamu juga suatu saat nanti.

Jaga kepentingan bersama tetap hidup
Banyak diskusi tentang minat yang sama berkembang di tempat kerja. Pertimbangkan kesamaan yang kamu miliki dengan rekan kerja.

Mungkin kamu bisa berbagi hobi, mendukung tim olahraga yang sama, atau bersemangat tentang konservasi.

Berbagi sedikit tentang diri kamu sering menyebabkan perasaan dipahami oleh orang lain dan memicu rasa ingin tahu pada orang-orang di sekitarmu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply