Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penglihatanmu Kabur? Mungkin Ini Penyebabnya (Bagian 2)

Topcareer.id – Masalah paling umum yang sering menghampiri mata kita, yakni penglihatan kabur, tidak jelas dan tidak fokus. Mata kabur bisa jadi tanda bahwa kacamata atau resep kontakmu perlu diperbarui. Namun, sesekali, penglihatan kabur menandakan sesuatu yang lebih serius.

Selalu selidiki apa yang menyebabkan penglihatanmu kabur. Melansir laman Health, berikut adalah beberapa penyebab mata buram dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

6. Kamu menderita katarak

Katarak adalah salah satu dari beberapa masalah mata yang menyertai penuaan. Ini terjadi ketika lensa di depan mata menjadi buram dan menghalangi cahaya yang berusaha mencapai retina. Katarak biasanya membutuhkan waktu untuk berkembang dan tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lainnya.

Beberapa tetap kecil dan menyebabkan masalah. Mereka yang tumbuh dan mengganggu penglihatan sering disembuhkan dengan operasi untuk mengangkat lensa yang rusak dan menggantinya dengan lensa plastik bening.

7. Diabetes

Jika kamu punya diabetes type 1 atau type 2 yang tidak terdeteksi atau diabetes yang telah didiagnosis tetapi tidak terkontrol, kamu berisiko terkena retinopati diabetik. Ini terjadi ketika pembuluh darah yang rusak bocor atau pembuluh darah ekstra tumbuh di bagian belakang mata dan mulai berdarah.

Jika kamu tahu ada masalah, suntikan dan operasi laser dapat membantu menyelamatkan penglihatanmu. “Sayangnya, ini adalah pencuri penglihatan. Kamu bisa kehilangan penglihatan karena diabetes dan tidak tahu bahwa kamu menderita diabetes,” kata Dr. Shah.

Baca juga: Kopi Panas Vs Kopi Dingin, Mana Yang Lebih Sehat?

8. Kamu punya gula darah tinggi

Bahkan sebelum komplikasi jangka panjang diabetes menetap, gula darah tinggi dapat menyebabkan penglihatan kamu kabur. “Gula yang sangat tinggi dapat menyebabkan pembengkakan pada lensa mata,” kata Dr. Shah. Pembengkakan mengubah bentuk mata dan bagaimana fokusnya, tetapi masalah ini biasanya hanya berlangsung selama beberapa jam atau hari.

9. Kamu memiliki okular migrain

Migrain okular biasanya disebabkan oleh kejang pembuluh darah yang memberi makan bagian otak yang bertanggung jawab untuk memproses penglihatan, kata dokter mata Yale Medicine kepada Health. “Gejalanya termasuk lampu berkedip, titik buta, dan pola sering melihat dengan banyak tepi dan sudut bergerigi,” jelasnya.

Migrain okular dapat terjadi dengan atau tanpa sakit kepala, dan biasanya akan berlangsung kurang dari satu jam, tetapi pada 20% kasus, dapat berlangsung lebih lama.

10. Benturan keras

Jika, setelah membenturkan kepala cukup keras, kamu berakhir dengan masalah penglihatan, kamu mungkin menderita cedera kepala.

“Gegar otak dapat menyebabkan penglihatan kabur, bersama dengan banyak perubahan visual lainnya, seperti penglihatan ganda, kesulitan dengan mengalihkan pandangan dengan cepat dari satu titik ke titik lain, masalah fokus, dan kehilangan penglihatan binokular (kesejajaran mata),” jelas Presiden American Optometric Association, Barbara Horn OD.**(Feb)

Tinggalkan Balasan