Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Mei 21, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Berniat Menolak Tawaran Pekerjaan? Ucapkan Ini

Ilustrasi lowongan kerja. Dok/SHRM

Topcareer.id – Ketika kamu mencari pekerjaan baru, dan melamar posisi yang entah berapa banyak, serta melakukan wawancara di beberapa tempat berbeda, ada kemungkinan kamu akan mendapat lebih dari satu tawaran pekerjaan.

Meski terdengar melegakan, namun ini sebenarnya lumayan menantang. Terutama ketika kamu harus memilih dan menolak sisanya.

Nah, setelah menerima satu tawaran pekerjaan yang kamu minati. Sekarang waktunya untuk menolak sisanya.

Salah satu cara agar penolakan kamu terdengar profesional dan tidak menyinggung, salah satunya dengan memberikan alasan singkat yang baik.

Ya, jika kamu telah menghabiskan banyak waktu untuk wawancara, adalah hal yang benar dan terhormat untuk tidak meninggalkan manajer perekrutan dalam kegelapan tentang mengapa kamu menolak posisi tersebut.

Meskipun demikian, kamu juga tidak perlu menjelaskan secara mendetail tentang tanda bahaya yang Anda lihat pada calon bos, membeberkan keuntungan luar biasa dari pekerjaan yang kamu terima, atau mengeluh bahwa kamu telah menghabiskan seminggu terakhir dengan menyiksa diri.

Pendekatan terbaik adalah dengan singkat tetapi jujur ​​tentang alasan spesifik kamu untuk tidak menerima posisi tersebut, dengan mengatakan sesuatu seperti:

“Setelah mempertimbangkan dengan cermat, saya memutuskan untuk menerima posisi di perusahaan lain. Meskipun posisi ini tampaknya merupakan peluang besar, saya telah memutuskan untuk mengejar peran lain yang akan memberi saya lebih banyak peluang untuk mengejar minat saya di bidang pemasaran dan media sosial.”

Intinya, kamu dapat menguraikan sejauh itu masuk akal. Tetapi jika posisi itu tampak buruk dan satu-satunya alasan sebenarnya yang kamu miliki adalah bahwa kamu lebih suka berdiri di garis pengangguran daripada menerimanya, kamu bisa berikan jawaban sederhana seperti ini, “Ini tidak cukup cocok untuk tujuan karir saya saat ini.”

Ingat, menolak tawaran pekerjaan—tidak peduli seberapa yakin kamu tidak menginginkannya—tidak pernah terasa menyenangkan. Tapi ini adalah bagian yang tak terhindarkan dari memulai pekerjaan impianmu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan