Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bukan Cuma Naik Gaji, Ini Cara yang Paling Ampuh Cegah Karyawan Resign

Topcareer.id – Banyak perusahaan sekarang siap memberikan kenaikan gaji untuk menghalangi karyawan terbaiknya resign tahun ini.

Namun, menurut satu analisis, lebih banyak uang diberikan mungkin bukan cara terbaik untuk mempertahankan karyawan bintang.

Penelitian yang dipublikasikan di MIT Sloan Management Review, menemukan bahwa indikator paling penting dari retensi karyawan adalah kesempatan untuk membuat langkah karier lateral.

Faktanya, pergeseran karier 2,5 kali lebih penting daripada gaji dalam memprediksi retensi karyawan.

Dan ini bahkan 12 kali lebih efektif daripada menawarkan promosi kepada seseorang.

Data tersebut mempertimbangkan pergeseran karier lateral dari April hingga September 2021, ulasan Glassdoor dari beberapa tahun terakhir, dan 172 metrik budaya di sekitar 600 perusahaan.

Orang-orang telah menghabiskan dua tahun terakhir pandemi, tentu perlu mengevaluasi kembali bagaimana karyawan ingin menghabiskan waktunya.

Memberi lebih banyak pekerjaan atau kenaikan jabatan mungkin bukan yang dicari karyawan lagi, kata dosen senior MIT Donald Sull.

“Para pemimpin perusahaan terlalu sering berpikir satu-satunya cara untuk menghargai orang adalah dengan memberi mereka promosi,” kata Sull kepada CNBC Make It.

“Tetapi beberapa orang memiliki keluarga atau minat di luar serta tidak ingin tanggung jawab tambahan dan komitmen waktu yang diperlukan untuk promosi.”

Karyawan mungkin lebih suka kesempatan untuk mencoba hal baru atau menciptakan peran yang sama sekali berbeda berdasarkan minat mereka.

Perusahaan juga memiliki skor retensi yang lebih tinggi ketika mereka membiarkan karyawan mengambil tugas internasional atau pindah ke kantor baru.

Pada dasarnya ini seperti mencoba pekerjaan baru di tempat baru tanpa harus berganti perusahaan.

Baca juga: Seberapa Jauh Smartphone Mempengaruhi Produktivitas Karyawan?

Selain peluang karier sampingan, analisis tersebut menemukan bahwa karyawan lebih cenderung bertahan di perusahaan yang menawarkan aturan kerja jarak jauh dan jadwal yang fleksibel.

Dengan terbatasnya pertemuan sosial selama pandemi COVID dan masa depan pekerjaan hybrid, “para pemimpin harus lebih sadar tentang penataan acara untuk membangun kohesi dan budaya tim, karena mereka akan memiliki lebih sedikit waktu untuk melakukannya,” kata Sull.

Namun, semua ini tidak berarti bahwa pekerja tidak peduli dengan uang dan perusahaan jadi seenaknya memberi gaji serendah-rendahnya.

Tetapi ketika para pemimpin perusahaan mencari cara untuk mencegah karyawannya pergi, Sull mengatakan mereka harus berpikir lebih besar tentang hal apa saja yang bisa berkontribusi pada budaya kerja yang sehat secara keseluruhan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply