Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Apakah Kamu Menyukai Pekerjaanmu? Ini Cara Mengetahuinya

Topcareer.id – Musim peninjauan kinerja di kantor setiap akhir atau awal tahun bisa menjadi rumit.

Di satu sisi, kamu merasa ini saat yang tepat untuk mengingatkan atasan tentang semua hal yang sudah kamu capai sejauh ini dan apa yang ingin kamu tangani di tahun yang baru.

Tapi itu juga bisa terasa sulit ketika kamu harus memutuskan sekaligus apa saja yang kamu sukai dan apa yang tidak kamu suka.

Jika kamu mencari cara yang lebih baik untuk melacak bagaimana perasaan kamu sebenarnya tentang pekerjaanmu, coba metode 15-5.

Pakar kepemimpinan Shonna Waters merekomendasikan untuk menggunakan metode 15-5 yang dia praktikkan sebagai wakil presiden di pelatihan karier BetterUp.

Setiap hari Jumat, dia menyisihkan 15 menit untuk menilai bagaimana perasaannya tentang pekerjaan yang dia lakukan selama seminggu dalam skala 1 sampai 5.

Peringkat 1 berarti kamu tidak bersemangat dengan pekerjaan yang kamu lakukan minggu itu.

Dan peringkat 5 berarti kamu merasa seperti bintang terbaik dalam apa yang sudah kamu capai dan dampaknya terhadap tim, perusahaan, atau klien.

“Peringkat tidak harus tentang produktivitas Anda,” kata Waters pada CNBC Make It, melainkan apakah kamu merasa senang dengan pekerjaan yang kamu lakukan.

Setelah memilih peringkat, luangkan beberapa menit untuk menuliskan mengapa kamu merasa seperti itu.

Juga dokumentasikan apakah sesuatu terjadi di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi yang mungkin mempengaruhi peringkat mingguan.

“Ini adalah cara yang baik untuk melihat sesuatu dari perspektif data,” tutur Waters.

Baca juga: Ini Daftar Pekerjaan yang Paling Dicari di Industri Metaverse

Melihat peringkat kamu secara agregat, kamu mungkin melihat pola dari waktu ke waktu tentang bagaimana pengalaman kerja atau kehidupan pribadi mempengaruhi perasaanmu tentang pekerjaan.

Misalnya, mungkin kamu dapat melihat bahwa kamu memiliki minggu-minggu dengan skor lebih rendah ketika segala sesuatunya sangat kacau.

Atau, mungkin kamu memiliki minggu-minggu yang luar biasa ketika bekerja dengan rekan kerja dalam proyek kelompok besar.

Waters menambahkan latihan metode 15-5 bisa memberimu kesempatan untuk berhenti sejenak dan merenung secara teratur.

Bukan hanya merenungkan hasil pekerjaan saja, tetapi seperti apa proses pembelajarannya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan