Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bosan Ngantor? Coba 7 Tips Ampuh Ini

BoredomIlustrasi. (dok. Killer Innovation podcast)

Topcareer.id – Bekerja di kantor menghabiskan waktu setidaknya delapan jam setiap hari. Belum lagi jika kamu harus lembur, ini tentu bisa menguras tenaga dan pikiran.

Awalnya saat baru diterima bekerja, mungkin semua terasa menyenangkan dan penuh tantangan. Namun setelah semua itu menjadi rutinitas, rasa bosan pun mulai melanda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa rasa bosan dalam menjalankan pekerjaan bisa membuatmu stress, dan itu tidak baik bagi kesehatan.

Berikut ini tujuh tips simpel yang bisa kamu coba jalankan ketika kamu mulai menghadapi rasa bosan saat bekerja di kantor.

Hias meja kerja
Kamu akan terkejut betapa lingkungan dapat memengaruhi suasana hati.

Warna-warna cerah seperti biru, hijau, kuning dan merah akan meningkatkan fokus, produktivitas, dan membantu melawan rasa bosan.

Coba pasang foto pasangan tercinta di meja kerja untuk membuatmu tersenyum, tambahkan juga segala hal lainnya mulai dari ornamen lucu dan alat tulis berwarna hingga kalender.

Memberi dirimu hal-hal lain untuk dilihat secara tidak sadar akan membuat otak kamu tetap aktif dan membantu menekan rasa bosan.

Beritahu atasan
Jika kamu merasa bosan, kamu mungkin tidak merasa cukup tertantang di tempat kerja. Jadi beri tahu atasan tentang hal itu.

Mereka mungkin memiliki beberapa ide bagus tentang cara untuk memberimu sedikit lebih banyak tanggung jawab, bahkan mungkin di bidang yang baru.

Mereka lebih suka mendengar tentang ambisi dan potensi sejati kamu daripada terbebani dengan anggota staf yang mudah bosan dan tidak melakukan apa-apa.

Semakin banyak tanggung jawab yang kamu miliki, semakin kamu merasa tertantang dan semakin sedikit risiko kebosanan menghampirimu.

Tetapkan target dengan reward
Buat serangkaian target yang harus kamu capai di tempat kerja dan siapkan rewardnya untuk dirimu sendiri.

Tujuan pribadi semacam ini akan membantu kamu tetap fokus dan termotivasi sehingga terhindar dari rasa bosan.

Setelah menyelesaikan setiap target yang kamu tentukan, beri dirimu sedikit hadiah untuk membuat semuanya terasa lebih berharga.

Hadiah tidak harus berupa makan enak, bisa juga berupa sesuatu yang sederhana seperti rehat sejenak jalan keluar kantor menikmati udara luar sambil menghubungi orang terkasih.

Istirahat yang cukup
Mengambil istirahat sejenak akan menghentikan kamu dari serangan rasa bosan dan bisa membantu kamu untuk menyimpan energi. Ide-ide terbaik cenderung muncul ketika kamu sedang beristirahat.

Ingat, menolak untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri tidak akan membuat bos atau rekan kerjamu jadi lebih mencintai dirimu.

Baca juga: Bosan Lihat Iklan di Browser? Begini Cara Usirnya

Lakukan pekerjaan lain
Jika kamu mendapati dirimu sering menyelesaikan sesuatu dengan sangat cepat dan berakhir dengan banyak waktu luang, isi dengan sesuatu yang berharga.

Apakah ada proyek yang ingin kamu mulai? Gunakan keahlian kamu untuk melakukan sesuatu yang lain untuk membantu.

Semakin banyak ikatan yang kamu miliki dalam beragam pekerjaan, semakin kamu menjadi sangat diperlukan dan semakin besar kemungkinanmu untuk mendapatkan kenaikan gaji atau promosi, dan pastinya menghindarkan kamu dari rasa sedikit bosan!

Bersenang-senanglah
Hidup terlalu singkat untuk membenci pekerjaanmu. Bersenang-senanglah!

Ini bisa berarti dengan berteman baik dengan kolega, terlibat dalam percakapan, permainan, dan lelucon bersama mereka.

Ini akan membuat dunia kerjamu menjadi lebih menyenangkan dan membantumu mengatasi rasa bosan.

Mendengarkan musik
Saat kamu punya tugas yang sangat membosankan untuk dilakukan, kamu bisa mendengarkan musik untuk membuatnya sedikit lebih menyenangkan.

Ingat, pastikan pilihan musik yang akan kamu dengarkan masuk akal. Lirik musik bisa mengalihkan perhatianmu.

Lagu-lagu bertempo cepat bisa membuatmu emosi terpancing dan kerjamu menjadi lambat, lagu sedih bisa membuatmu merasa emosional, lesu dan bahkan lebih bosan.

Jadi pilihan genre lagu sangat penting untuk membantu mengatasi rasa bosan ketika bekerja.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan