Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

9 Tanda Ide Bisnismu Itu Buruk (Bagian 1)

Business team at workBusiness team working at office desk and analyzing financial reports, finance and accounting concept, top view

Topcareer.id – Seorang pebisnis atau pengusaha terkenal pasti telah melalui serangkaian ide buruk sebelum mencapai titik bisnis yang berhasil. Kamu yang ingin memulai bisnis mungkin merasa saat ini idemu yang terbaik, tapi kamu akan berpikir lagi.

Jadi, bagaimana kamu bisa tahu apakah bisnis yang kamu bangun dalam pikiran saat ini akan sukses besar atau gagal total? Meskipun tidak ada kriteria yang ditetapkan untuk ide bisnis, ada beberapa indikator bahwa skema yang kamu tetapkan mungkin hanya membuang-buang waktu dan uang. Berikut beberapa cara mengetahui bahwa ide bisnismu buruk.

1. Seseorang yang sudah ahli memberi tahumu bahwa ide bisnismu buruk

Cara pasti untuk mengetahui bahwa ide bisnismu buruk adalah jika seorang ahli memberi tahumu bahwa ide bisnismu tidak bisa diterapkan. Tidak semua orang yang kamu ajak bicara akan memenuhi syarat untuk memberimu umpan balik kritis semacam itu, jadi pertimbangkan sumbernya – tetapi terkadang tanggapan negatif mungkin merupakan wawasan yang berharga.

Jika kamu mencari pendapat yang dapat kamu percayai, temukan satu atau dua ahli di bidang yang kamu geluti dan tanyakan kepada mereka, langsung saja, apa pendapat mereka tentang idemu itu.

2. Tidak ada yang membeli apa yang kamu jual

Saat memberi tahu orang-orang tentang idemu, tanyakan apakah mereka bersedia membayar barang atau jasa yang kamu rencanakan untuk ditawarkan melalui bisnismu. Jika satu-satunya yang mau membeli apa yang kamu jual adalah ibumu, ide bisnismu mungkin tidak bagus.

“Setiap pengusaha antusias dengan ide mereka. Namun, kesuksesan diukur dalam dolar, investor, dan pelanggan. Begitu idemu meyakinkan orang untuk menaruh uang mereka di mulut mereka, maka kamu bisa tahu apakah itu benar-benar ide yang bagus,” kata Mike Poller, presiden Poller & Jordan Advertising di Miami, dikutip dari laman Business News Daily.

Baca juga: Jangan Asal Bikin Sosmed Untuk Bisnis, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu

3. Kamu tidak antusias dengan ide tersebut

Memang, pendapat dari luar tentang skema bisnismu dapat membantu memutuskan apakah akan menindaklanjuti ide itu atau tidak. Tapi, hanya ada satu orang yang dapat memberi tahumu dengan pasti apakah ide itu layak untuk dikejar: dirimu sendiri.

Dirimu adalah ukuran terbaik apakah ide itu berharga atau tidak. Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan sederhana: Apakah kamu merasa bersemangat dengan idemu?

“Jika kamu tidak bergairah tentang apa yang kamu lakukan, lalu mengapa orang lain harus melakukannya?” kata Paige Arnof-Fenn, pendiri dan CEO perusahaan pemasaran global Mavens & Moguls.

4. Tidak ada yang bersedia membantumu

Beberapa pengusaha memulai bisnis tanpa meminta (dan menerima) bantuan. Tapi, baik itu bantuan dari investor, pakar industri, atau teman dan anggota keluarga, dukungan dari luar sangat penting untuk bisnis baru.

Namun, jika kamu tidak dapat menemukan dukungan yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnismu, itu mungkin pertanda bahwa idemu tidak bagus.

Tinggalkan Balasan