Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Terlalu Baik di Kantor? Ini Dampak Negatifnya

stressed-worker.jpg.838x0_q67_crop-smartIlustrasi. (dok. Safebee)

Topcareer.id – Kebanyakan orang di kantor ingin membantu sebisa mungkin dan bersedia bekerja lebih keras untuk menambah nilai bagi perusahaan.

Tetapi ada garis tipis antara bersikap ramah dan suka membantu serta bersikap terlalu baik dan tidak pernah mengatakan tidak kepada atasan di kantor.

Menjadi ‘terlalu baik’ bisa menjadi kerugian jika kamu tidak menetapkan batasan di kantor dan bahkan dapat memiliki konsekuensi negatif bagi kehidupan kerjamu.

Berikut ini dampak negatif jika kamu menjadi ‘terlalu baik’ di kantor dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya.

Tidak ada kompensasi untuk pekerjaanmu
Jika kamu adalah orang yang baik, mungkin sulit bagi kamu untuk mengatakan tidak kepada orang lain dan akan mengambil tugas apapun tanpa ragu-ragu.

Mengambil lebih banyak tugas dapat berarti bahwa kamu terus-menerus menambah proyek yang harus kamu kerjakan, tetapi apakah kamu mendapat kompensasi untuk pekerjaan tambahan ini? Tentu tidak!

Jadi, apa yang harus kamu lakukan?

Kamu perlu berkomunikasi dengan atasan maupun rekan kerja tentang tugas-tugas yang harus kamu selesaikan setiap hari untuk menentukan prioritas.

Kamu bisa dimanfaatkan
Apakah kamu secara teratur bekerja lembur, apakah kamu terus-menerus merasa burnout atau apakah kamu adalah orang yang dinilai mau melakukan apa saja?

Kamu perlu mengambil langkah mundur dan berpikir, apakah kamu diminta melakukan sesuatu karena keahlianmu atau hanya kamu hanya dimanfaatkan.

Meskipun penting untuk menjadi pemain tim, kamu hanya dapat melakukan beberapa pekerjaan prioritas dalam sehari di kantor.

Menolaklah dengan sopan, seperti: “Maaf, saya sangat sibuk hari ini, saya tidak akan punya cukup waktu untuk menyelesaikan tugas itu.”

Ini adalah respons yang sopan dan cara yang baik untuk membatasi seberapa sering orang mendekatimu untuk memberikan pekerjaan tambahan.

Baca juga: Ingin Suasana Kantor tetap Nyaman? Coba 5 Tips Ini

Kamu diabaikan
Bersikap baik dan mengambil tugas tambahan di kantor akan membuatmu tampak lebih berharga bagi perusahaanmu, bukan? Pastikan untuk menyimpan daftar tugas tambahan yang telah kamu lakukan.

Tujuannya agar kamu bisa meninjaunya dengan atasan untuk memastikan kamu mendapatkan pengakuan, kenaikan gaji, dan promosi yang pantas atas kerja kerasmu.

Jika tidak begitu, kamu bisa diabaikan begitu saja dan tidak ada penghargaan apapun untuk kamu.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan