Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mau Dihormati Rekan Kerja Di Kantor? Begini Caranya (Bagian 2)

Maju dalam karier.Work. Dok/cleverism.com

Topcareer.id – Salah satu alasan yang sering diberikan orang untuk meninggalkan pekerjaan adalah karena kurangnya respect atau rasa hormat dari rekan kerja dan/atau manajemen.

Saat kamu mengetahui bahwa kamu memiliki respect dari tim dan manajemen, ini akan membuatmu memiliki tujuan dan meningkatkan kerja.

Mendapatkan rasa hormat terutama jika kamu karyawan baru bisa menjadi tantangan, tetapi bukan tidak mungkin.

Setidaknya, ada 16 cara agar kamu bisa mendapatkan respect di tempat kerja. Mari kita simak satu persatu.

Lanjutan dari bagian pertama artikel:

Rendah hati
Jika kamu memiliki keyakinan pada diri sendiri dan kemampuanmu, kamu harus mau mengakui kesalahanmu dan mengenali kualitas orang lain.

Saat mengakui kesalahan yang kamu buat, pastikan untuk bertanya bagaimana kamu bisa memperbaikinya.

Banyak orang memberi rasa hormat pada seseorang yang dengan besar hati mau mengakui kesalahannya dan tidak sombong.

Sabar
Ada kalanya rekan kerja melakukan kesalahan, terutama jika mereka baru dalam pekerjaan atau mempelajari keterampilan baru.

Jika kamu bisa memberi mereka ruang yang mereka butuhkan untuk berkembang, dan mengoreksi mereka dengan baik, kamu bisa membantu mereka membangun kepercayaan diri.

Dengan demikian, mereka secara otomatis akan memberimu rasa hormat atas sikap baik dan sabarmu kepada mereka.

Jadilah positif
Jika kamu bisa menjadi orang yang mampu tersenyum dan bersikap positif, bahkan saat keadaan tidak berjalan baik, kamu dapat menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejakmu.

Hal ini dapat memengaruhi kemampuan tim untuk bekerja sama dan menjadi produktif serta meningkatkan rasa hormat mereka terhadap dirimu.

Bicara dengan hormat ketika kamu tidak setuju
Bahkan di lingkungan kerja terbaik sekalipun, akan ada saatnya kamu memiliki sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang.

Kamu bisa mendapatkan rasa hormat di antara rekan kerja dan manajemen jika kamu bersedia untuk berbicara dengan hormat saat menyuarakan pendapatmu.

Baca juga: 10 Cara Menghormati Rekan Kerja di Kantor

Berdiri melawan ketidakadilan
Kamu bisa mendapatkan rasa hormat di tempat kerja dengan melawan ketidakadilan, terutama jika hal itu mempengaruhi rekan kerjamu.

Bisa saja kamu dengan sopan menegur seseorang karena sikap negatifnya, mungkin diskriminasi yang tidak adil atau kesalahan penanganan suatu situasi.

Pikirkan hal baik dari diri orang lain
Misalnya kamu memiliki rekan kerja yang selalu terlambat masuk kerja, coba pikirkan yang hal baik dari mereka.
Mungkin saja mereka memiliki masalah di rumah yang berarti mereka berjuang untuk meninggalkan rumah pada waktu yang tepat.

Jika kamu menawarkan bantuan, dengan asumsi mereka memiliki niat baik dan tidak membuat-buat keterlambatan dengan sengaja, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan rasa hormat mereka.

Jadilah profesional
Ruang kerja yang rapi dan teratur dapat memproyeksikan citra seseorang yang pekerja keras dan disiplin.

Pasangkan hal ini dengan berpakaian rapi, dan kamu akan terlihat oleh orang lain sebagai seseorang yang peduli dengan pekerjaan.

Untuk memperkuat rasa hormat dari rekan kerja, pastikan juga untuk bertindak secara profesional bahkan di luar jam kerja.

Jadilah berharga
Dengan menunjukkan diri kamu rajin, dapat diandalkan, dan profesional, kamu menjadikan diri sebagai karyawan yang berharga.

Kamu juga dapat menyelesaikan pelatihan untuk meningkatkan keahlian. Semakin unik keahlian yang kamu miliki, semakin tinggi rasa hormat yang kamu dapat.**(Feb)

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan