Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, November 21, 2024
idtopcareer@gmail.com
Profesional

Terlalu Terbuka sebagai Pemimpin? Ini Bahayanya

Kerendahan hati jadi kualitas penting seorang pemimpin.Ilustrasi. (dok. Australian College of Professionals)

Topcareer.id – Ada banyak penelitian tentang trust atau kepercayaan di tempat kerja. Ini berasal dari betapa pentingnya subjek itu, karena ditemukan bahwa karyawan di organisasi dengan trust yang rendah kurang produktif, kurang puas, dan cenderung tidak bertahan.

Menurut survei CEO global 2016, lingkungan kerja yang rendah kepercayaan tidak hanya memengaruhi karyawan. Hal itu juga memengaruhi perusahaan secara keseluruhan.

Dalam survey tersebut, 55 persen CEO berpikir bahwa kurangnya kepercayaan adalah ancaman bagi pertumbuhan perusahaan.

Tapi percaya atau tidak, membangun kepercayaan di tempat kerja juga memiliki kelemahan. Berikut adalah kerugian dari membangun kepercayaan di tempat kerja.

Kepercayaan Bisa Diterima Begitu Saja
Meskipun sulit untuk berpikir bahwa ada kerugiannya, inilah yang terjadi ketika menyangkut tempat kerja. Contohnya adalah kebijakan pintu terbuka. Ini adalah saat para pemimpin dalam sebuah perusahaan membiarkan pintu kantor mereka “terbuka” – baik secara kiasan atau harfiah – sehingga karyawan dapat merasa nyaman mampir secara informal untuk mengajukan pertanyaan dan berbicara dengan jujur.

Meskipun praktik populer ini bekerja dengan baik untuk beberapa perusahaan, sayangnya ini bukan pendekatan satu ukuran untuk semua.

Ini bisa terjadi karena banyak alasan. Misalnya, mungkin ini justru menyebabkan rasa takut karyawan sebab dengan pintu terbuka ia merasa harus selalu membuat keputusan dengan berbicara dulu dengan manajer. Jadi semacam mikro manajemen yang apa-apa harus selalu laporan dulu.

Mungkin juga ada penurunan produktivitas bagi manajer yang terus-menerus memiliki pengunjung di depan pintu mereka.

Kebijakan pintu terbuka juga dapat menyebabkan hierarki perusahaan menjadi membingungkan.

Ini bisa terjadi ketika seorang atasan mulai tampak lebih seperti teman yang dapat dipercaya daripada seorang manajer bagi seorang karyawan.

Jika batasan itu telah dilewati, beberapa karyawan mungkin akan mengambil keuntungan dari hal tersebut.

Baca juga: Keuntungan Membangun Kepercayaan di Tempat Kerja

Kepercayaan Harus Dijaga
Ada pro dan kontra dari mempercayai seseorang. Setelah seorang manajer mendapatkan kepercayaan dari karyawannya, tujuannya adalah untuk tidak merusaknya.

Namun, ini bisa sulit dilakukan ketika manajer dihadapkan pada penanganan yang kurang menyenangkan dan terkadang aspek tanggung jawab yang tak terhindarkan.

Ini termasuk memberhentikan staf, memotong bonus, memangkas anggaran dan sebagainya.

Menimbulkan Persaingan Tidak Sehat
Ketika seseorang memutuskan siapa yang harus dipercaya, faktor sosial ekonomi mungkin ikut bermain.

Dalam pengaturan tempat kerja, ini bisa terlihat seperti manajer yang secara tidak sadar mengandalkan faktor sosial ini (etnis, status ekonomi, dll) ketika memutuskan karyawan mana yang harus dipercaya dengan tanggung jawab lebih.

Hal ini menyebabkan mereka yang kurang dipercaya merasa tidak berharga dan kurang dihargai.

Mereka yang golongan ekonomi lemah bahkan mungkin dilewatkan ketika datang ke peluang penting seperti promosi pekerjaan.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply