Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Keuntungan Membangun Kepercayaan di Tempat Kerja

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Ada banyak penelitian tentang kepercayaan di tempat kerja. Karena telah ditemukan bahwa karyawan di perusahaan dengan tingkat kepercayaan rendah, karyawan menjadi kurang produktif, kurang puas dan cenderung tidak bertahan lama.

Lingkungan kerja dengan kepercayaan rendah tidak hanya memengaruhi karyawan. Menurut survei CEO global 2016, itu juga mempengaruhi organisasi secara keseluruhan. 55 persen CEO menganggap kurangnya kepercayaan merupakan ancaman bagi pertumbuhan perusahaan mereka.

Berikut ini beberapa keuntungan dari membangun kepercayaan di tempat kerja.

Kepercayaan membangun komunikasi
Komunikasi yang efektif sangat penting untuk tempat kerja mana pun. Komunikasi yang baik juga membantu membangun budaya perusahaan yang positif dimana karyawan merasa puas.

Jadi, tidak mengherankan bahwa kepercayaan adalah salah satu bagian penting bagi organisasi yang memiliki apa yang disebut komunikasi efektif.

Ketika komunikasi yang efektif hilang di tempat kerja, hasilnya bisa merugikan. Mungkin ada retensi karyawan yang buruk, ketidaksesuaian dengan strategi dan nilai perusahaan, dan kolaborasi yang buruk.

Baca juga: 4 Tanda Karyawan Tidak Bahagia di Tempat Kerja

Kepercayaan meningkatkan produktivitas
Motivasi adalah alat yang ampuh yang dapat dimanfaatkan oleh kepercayaan. Ketika seorang karyawan merasa bahwa manajer mereka mempercayai mereka untuk menyelesaikan suatu tugas, mereka lebih cenderung berani menghadapi tantangan sehingga mereka tidak ingin mengecewakan atasan mereka atau diri mereka sendiri.

Survei Citigroup dan LinkedIn tahun 2014 menemukan bahwa hampir setengah dari karyawan akan meningkat motivasi kerjanya saat diberikan kepercayaan atas cara mereka bekerja.

Ini menunjukkan bahwa karyawan akan berusaha untuk menghindari mikro manajemen yang bisa menurunkan moral bagi seorang karyawan untuk menjadi tidak merasa dipercaya dalam menyelesaikan pekerjaan yang mereka harus lakukan.

Kepercayaan meningkatkan kepuasan karyawan
Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business Review menemukan bahwa karyawan di lingkungan dengan kepercayaan tinggi akan merasa lebih puas dibandingkan dengan karyawan di lingkungan dengan kepercayaan rendah.

Hasilnya signifikan, karena mereka menemukan bahwa karyawan ini merasa 106 persen lebih energik di tempat kerja, 76 persen lebih terlibat dengan pekerjaan mereka, dan mengalami 74 persen lebih sedikit stres, serta 13 persen lebih sedikit mengambil izin sakit. Mereka bahkan melaporkan 29 persen lebih puas dengan kehidupan secara umum.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan