Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bingung Hadapi Persiapan Penilaian Kinerja Tahunan? Coba 7 Tips Ini

Dok. Storm-asia

Topcareer.id – Setiap karyawan yang bekerja di bidang apapun, pasti akan menjalani sesi penilaian kinerja tahunannya di tempat kerja.

Selama sesi penilaian hasil kinerja, kamu sebagai karyawan akan melihat kembali kinerjamu selama setahun terakhir dan juga akan melihat ke depan bersama untuk menunjukkan visi misi kamu bagi perusahaan.

Atasan kamu juga akan mengajak berdiskusi bagaimana perusahaan dapat membantumu tumbuh sebagai seorang profesional.

Dalam hal ini, penting untuk membuat daftar terlebih dahulu apa kontribusi kamu terhadap perusahaan dan apa yang dapat kamu tingkatkan untuk pengembangan diri.

Setelah kamu memiliki gambaran yang jelas tentang kinerja dan perkembanganmu, cobalah beberapa tips ini untuk mendapatkan hasil maksimal penilaian.

Lihat apa yang bisa dilakukan dengan lebih baik
Prediksikan aktivitas kamu dan lihat hal-hal apa saja yang bisa kamu tingkatkan.

Datanglah dengan proposal yang akan menunjukkan solusi bagi masalah yang sedang kamu hadapi.

Tunjukkan bahwa goal akan segera tercapai dan yakinkan bahwa kamu bisa membantu membawa tim ke tingkat yang lebih tinggi.

Petakan ambisi
Pikirkan tentang apa yang ingin kamu capai di tahun-tahun mendatang dalam karier dan bagaimana atasan dapat membantumu.

Tanyakan HRD apakah anggaran pelatihan tersedia. Kemudian kamu dapat mencari pelatihan yang bisa kamu ajukan kepada manajer selama penilaian.

Pastikan kamu bisa menjelaskan mengapa pelatihan itu menarik untukmu, dan bagaimana perusahaan akan mendapat manfaatnya.

Bersiaplah untuk kompromi
Perusahaan pasti tidak akan mau memenuhi semua keinginanmu. Buatlah daftar poin-poin yang ingin kamu negosiasikan dan yang tidak.

Kamu mungkin perlu berkompromi dengan jangka waktu atau mengubah cara kamu untuk meluncurkan proyek baru.

Tahu apa yang layak bagi dirimu
Jika kamu merasa penghasilan tidak cukup, masuk akal untuk mempersiapkannya dengan baik, sehingga kamu bisa mempresentasikan proposal gaji dengan cara yang meyakinkan kepada manajer.

Tetapkan tujuan
Gunakan waktu untuk bersama-sama menetapkan tujuan. Pastikan Manajer telah melihat dan menyetujui tujuanmu dan melihat bagaimana kamu menerapkannya.

Dengan cara ini kamu memiliki posisi negosiasi yang baik selama pertemuan berikutnya.

Baca juga: Studi Sebut Ngemil Malam Bisa Rusak Kinerja di Kantor

Tetap profesional
Ingatlah bahwa penilaian adalah percakapan yang fungsional dan seperti bisnis. Jangan mencoba untuk menanggapi secara emosional umpan balik negatif, bahkan jika itu mungkin datang secara tidak terduga.

Minta manajer untuk memberikan contoh jika umpan baliknya tidak jelas bagi kamu. Sebab kamu hanya dapat mengubah banyak hal ketika tahu apa kesalahannya.

Sebaiknya buat catatan agar kamu tidak melupakan apa pun, dan kamu bisa meninjaunya selama beberapa bulan mendatang.

Mintalah umpan balik
Sangat penting bahwa kamu secara teratur mendiskusikan apa yang telah kamu capai, bagaimana kamu mencoba untuk mencapai tujuan dan apa kontribusi kamu terhadap perusahaan.

Jangan ragu untuk minta umpan balik setelah kamu menyelesaikan sesi penilaian, dan lanjutkan untuk meminta feedback secara berkala di masa depan.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan