Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Tingkatkan Keterampilan agar Mampu Bersaing di Pasar Kerja 2022

Info lowongan kerja. Dok/The List

Topcareer.id – Menurut Yayasan Kamar Dagang AS, 74% manajer perekrutan mengalami kesenjangan keterampilan dalam angkatan kerja.

Ini membuat perekrutan talenta terbaik menjadi hal yang lebih tantangan. Dan ini juga berarti ada banyak peluang bagi pencari kerja terampil saat ini.

Bagi mereka yang memiliki keterampilan yang tepat, tahun 2022 adalah waktu yang tepat untuk bergerak secara profesional.

Inilah sebabnya mengapa peningkatan keterampilan merupakan hal yang sangat penting.

Jadi, bagaimana cara kamu meningkatkan keterampilan agar dapat memposisikan diri dengan baik di pasar kerja?

Identifikasi Area yang Tepat
Langkah pertama adalah menargetkan keahlian yang ingin kamu kembangkan.

Area fokus individu ini akan bergantung pada industri kamu dan keahlian khusus, tetapi ada kategori keterampilan untuk membantu mengarahkanmu ke jalan yang benar seperti: Soft skills atau keterampilan lunak, keterampilan data/teknis, kepemimpinan, dan keterampilan khusus industri.

Kembangkan Rencana
Setelah mengidentifikasi target yang tepat, kamu akan ingin mengembangkan rencana peningkatan keterampilan.

Tetapkan tujuanmu, pastikan itu dapat dicapai dan realistis. Kemudian, buat bagan kursus yang memungkinkanmu mencapai tujuan tersebut dengan memilih peluang belajar yang sesuai dengan jadwal kamu.

Ini dapat berupa kelas tradisional atau kursus online, yang akan berguna untuk keterampilan data/teknis dan keterampilan khusus industri.

Untuk soft skill dan kepemimpinan, pelatihan atau mengikuti program pekerjaan sukarela bisa sangat bermanfaat.

Temukan pelatihan yang paling cocok untuk kamu dan jadwalmu kemudian pelajari sebaik-baiknya.

Baca juga: Bill Gates Sebut Orang dengan 3 Keterampilan Ini akan Sukses di Masa Depan

Pertanggungjawabkan Diri dan Catat Kemajuan
Akuntabilitas adalah kuncinya, karena itu akan memastikanmu mencapai tujuan peningkatan keterampilan dalam jangka waktu yang kamu inginkan.

Menilai kemajuan secara teratur dan mencatat setiap keberhasilan, tidak hanya akan menunjukkan seberapa jauh kamu telah mulai, tetapi juga memberimu contoh untuk ditunjukkan dalam wawancara kerja.

Ini juga akan meningkatkan kepercayaan dirimu. Jika Anda merasa perlu motivasi ekstra, mintalah orang-orang terkasih untuk terlibat.

Jangan lupa untuk menghadiahi diri sendiri juga. Dengan begitu, kamu bisa merayakan pencapaianmu dengan baik dan memotivasi diri untuk terus meningkatkan keterampilan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply