Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Butuh Pendidikan Serta Skill Apa Jika Ingin Jadi Produk Manajer?

Pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi produk manajer.Sumber gambar: Sapho.com

Topcareer.id – Peran kerja sebagai produk manajer bisa berada di industri dan bisnis apapun. Tapi, latar belakang pendidikan apa yang dibutuhkan jika ingin menjadi produk manajer? Serta kemampuan seperti apa yang dibutuhkan untuk terjun ke posisi ini?

Mengutip Ladders, untuk menjadi manajer produk bisa berasal dari berbagai latar belakang, tetapi sebagian besar akan memegang setidaknya gelar Sarjana.

Tergantung pada industrinya, beberapa pekerjaan manajer proyek memang membutuhkan pendidikan tingkat pascasarjana seperti MBA atau yang serupa.

Namun, manajemen produk bukanlah bidang yang membutuhkan satu jenis gelar atau pendidikan tertentu. Setiap pekerjaan manajer produk tertentu akan memiliki persyaratan sendiri untuk pengalaman dan pendidikan.

“Misalnya, pekerjaan sebagai manajer produk untuk perusahaan yang membuat aplikasi baru mungkin memerlukan gelar Sarjana dalam ilmu komputer dan pengalaman dengan pengembangan perangkat lunak,” sebut Ladders.

Saat memasuki dunia kerja, manajer produk masa depan perlu mendapatkan pengalaman dalam industri pilihan mereka dengan posisi entry-level. Kualifikasi yang tepat untuk setiap pekerjaan manajer produk akan bergantung pada industri dan jenis produk yang akan mereka tangani.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Dari Pekerjaan Menjadi Manajer Produk

Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjadi manajer produk?

Untuk mendapatkan peran sebagai manajer produk, seseorang harus berhasil menerjemahkan keterampilan dari pengalaman kerja mereka sebelumnya ke dalam pekerjaan itu, terlepas dari industri tempat mereka berada.

Namun, ada beberapa keterampilan utama yang akan dimiliki semua manajer produk.

Manajer produk harus mahir dalam pencatatan, penelitian, analisis data, dan manajemen proyek. Keterampilan organisasi, kolaborasi, dan komunikasi sangat membantu bagi manajer produk saat mereka mengelola tim mereka dan mengawasi berbagai tahap pengembangan produk.

Mereka harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana bisnis beroperasi, memiliki pemahaman menyeluruh tentang proses produksi untuk produk yang mereka kerjakan.

Manajer produk sering kali perlu menggunakan logika, penalaran, dan keterampilan pemecahan masalah untuk menganalisis dan memecahkan masalah selama pekerjaan mereka.

Leave a Reply