Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 9, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kebijakan Nol COVID-19 di Hong Kong, Beneran Ampuh?

Sumber foto: National GeographicKota Hong Kong (Sumber foto: National Geographic)

Topcareer.id – Pejabat tinggi kesehatan China berkumpul di Hong Kong pada hari Selasa (8/3) untuk memperingatkan Hong Kong agar tetap menggunakan strategi “nol dinamis” dalam memerangi COVID-19.

Hong Kong melaporkan lebih dari 43.100 kasus baru pada hari Selasa (8/3). China memperingatkan bahwa sistem kesehatan negara kota itu berisiko dan situasinya harus diubah sesegera mungkin.

China sendiri telah memperjuangkan strategi “nol dinamis” yang melibatkan pemberantasan infeksi dengan langkah-langkah mitigasi yang ketat.

Seperti kita ketahui, Hong Kong memiliki beberapa pembatasan perjalanan paling ketat di dunia dan hampir bebas COVID-19.

Kota yang diperintah China itu juga belum memiliki rencana publik untuk membuka diri terhadap dunia internasional.

Para pemimpin lokal mengatakan fokus mereka adalah menghapus pembatasan perjalanan dari Hong Kong ke Cina daratan, yang juga memiliki pembatasan masuk yang ketat.

Ini bertentangan dengan pendekatan yang diadopsi di tempat lain, yang mengandalkan tingkat vaksinasi yang tinggi dan mitigasi moderat seperti memakai masker dalam upaya untuk “hidup berdampingan dengan COVID-19.”

Kehadiran varian omicron

Varian Omicron yang menyebar cepat telah menguji kedua strategi tersebut, tetapi Hong Kong sekarang menderita konsekuensi dari tingkat vaksinasi yang relatif rendah.

“Mengurangi infeksi, kasus parah, dan kematian adalah prioritas paling mendesak dan utama di Hong Kong pada tahap saat ini,” kata Liang Wannian, seorang ahli dari Komisi Kesehatan Nasional China, kepada kantor berita Xinhua.

“Setelah target pertama tercapai, baru kita lanjutkan ke target kedua dan ketiga.” Ujarnya.

Infeksi di pusat keuangan Asia itu saat ini telah melonjak ke rekor tertinggi dengan total sekitar 540.000 kasus dan lebih dari 2.300 kematian.

Tindakan Efektif Dan Realistis

Kesulitan Hong Kong dan frustrasi publik telah menjadi pesan yang kontradiktif dan membingungkan tentang kampanye melawan virus. Terkait hal ini, Liang mengatakan mungkin ada perbaikan.

“Bagaimana langkah-langkah yang lebih efektif dan realistis dapat diambil untuk mengekang meningkatnya momentum epidemi dan membalikkan situasi sesegera mungkin… Ini adalah salah satu tugas terpenting,” katanya.

Beberapa ahli telah memperingatkan bahwa strategi “nol dinamis” tidak berkelanjutan.

Menanggapi hal tersebut, Liang mengatakan strategi “nol dinamis” tidak berarti nol infeksi, tetapi kota harus melakukan segalanya untuk mengurangi infeksi dan memotong penularan.

Komentar Liang muncul saat 7,4 juta penduduk kota itu bersiap untuk melakukan pengujian massal yang diperkirakan akan berlangsung dalam beberapa minggu mendatang.

Liang mengatakan itu perlu dilakukan pada waktu yang tepat dengan semua detail diatur dengan hati-hati.

Baca juga: Kebijakan Nol-COVID di Hong Kong Merusak Pusat Keuangan

Otoritas kesehatan pada hari Senin (7/3) meluncurkan platform bagi orang-orang untuk mendaftarkan hasil tes antigen cepat mereka sendiri.

Platform tersebut menyumbang 14.715 kasus baru pada hari Selasa (8/3). Ada juga 160 kematian yang tercatat dalam 24 jam terakhir.

Tim dari Universitas Hong Kong memperkirakan bahwa pada akhir April jumlah orang yang terinfeksi di kota berpenduduk 7,6 juta orang itu bisa menjadi sekitar 4,3 juta, dengan korban tewas 5.000.

Rumah sakit dan pusat isolasi Hong Kong kebanjiran pasien, sementara transportasi umum, mal, layanan pos, supermarket, dan apotek berjuang karena krisis tenaga kerja yang parah.

Reuters menambahkan, harga makanan telah melonjak dan rak supermarket telah kosong setiap hari selama seminggu karena masyarakat melakukan panic buying.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply