Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bingung Dapat Dua Tawaran Pekerjaan? Pertimbangkan Hal Ini (Bagian 1)

cropped-working-morning.jpg

Topcareer.id – Selamat! Jika kamu saat ini sedang mencari pekerjaan dan kamu telah diterima bekerja di perusahaan yang kamu lamar.

Mendapat tawaran pekerjaan saat membutuhkannya benar-benar membuat kamu merasa luar biasa dan tidak sabar untuk segera memulainya.

Namun, bagaimana jika kamu mendapat tawaran pekerjaan lebih dari satu penawaran dari dua perusahaan berbeda?

Ini mungkin terdengar seperti mimpi, tetapi memiliki dua tawaran pekerjaan di hadapanmu dapat membuatmu menghadapi keputusan sulit.

Pakar karier membagikan beberapa hal penting untuk kamu pertimbangkan jika kamu kesulitan untuk memutuskan.

Jangan biarkan perusahaan menunggu
“Beberapa perusahaan mungkin memberi kamu waktu hingga satu minggu untuk membuat keputusan, meskipun hal ini akan sangat bergantung pada lamanya dan struktur proses rekrutmen mereka.” Jelas Hywel Davies, associate director di Robert Walters Indonesia.

Dia menegaskan, “Selama proses wawancara, Anda seharusnya membangun gagasan yang baik tentang apakah Anda tertarik dengan peran tersebut, sehingga respons yang lambat dapat berdampak buruk pada keterampilan pengambilan keputusan Anda dan bahkan dapat membuat tawaran pekerjaan ditarik seluruhnya.”

Berpikir jangka panjang
“Salah satu alasan utama orang berganti peran adalah untuk memajukan karier mereka,.” kata Dipen Kunwar, associate director di Robert Walters Japan.

Jadi ketika kamu memutuskan langkah selanjutnya, ambisi karier jangka panjang kamu harus menjadi pertimbangan penting.

Setiap keputusan karier yang dibuat seorang kandidat pada akhirnya akan memengaruhi ambisi karier jangka panjang mereka, yang berarti semakin penting untuk membuat pilihan yang tepat.

“Ambisi jangka panjang harus bertindak sebagai tujuan akhir dan pilihan pekerjaan apa pun yang Anda buat sekarang.” Jelas Kunwar.

Hati-hati dengan faktor ‘dorongan’
“Saat mempertimbangkan setiap peran, tanyakan pada diri Anda apakah itu akan memenuhi alasan Anda memutuskan untuk mencari pekerjaan baru,” saran Dipen.

Kandidat mana pun kemungkinan akan mengalami ‘faktor pendorong’ yang mendorong mereka menjauh dari peran mereka saat ini.

Jika pekerjaan baru yang ditawarkan tidak mengatasi masalah ini, kamu harus bertanya-tanya pada diri sendiri apakah itu sepadan?

Menilai keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi
“Keseimbangan kerja/kehidupan dari pekerjaan apa pun memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda, jadi pertimbangkan dampak apa yang akan dimiliki setiap peran terhadap kebutuhan dan persyaratan Anda sendiri,” saran Hywel.

Jika kandidat memiliki keluarga muda atau tanggung jawab lain, maka kemampuan untuk bekerja dari rumah atau bekerja secara fleksibel mungkin menjadi perhatian penting.

Pertimbangkan juga lokasi dan perjalanan masing-masing peran karena ini dapat secara signifikan memengaruhi kehidupanmu sehari-hari.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan