Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 8, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bingung Dapat Dua Tawaran Pekerjaan? Pertimbangkan Hal Ini (Bagian 2)

Sumber foto: socialworker.com

Topcareer.id – Selamat! Jika kamu saat ini sedang mencari pekerjaan dan kamu telah diterima bekerja di perusahaan yang kamu lamar.

Mendapat tawaran pekerjaan saat membutuhkannya benar-benar membuat kamu merasa luar biasa dan tidak sabar untuk segera memulainya.

Namun, bagaimana jika kamu mendapat tawaran pekerjaan lebih dari satu penawaran dari dua perusahaan berbeda?

Ini mungkin terdengar seperti mimpi, tetapi memiliki dua tawaran pekerjaan di hadapanmu dapat membuatmu menghadapi keputusan sulit.

Pakar karier membagikan beberapa hal penting untuk kamu pertimbangkan jika kamu kesulitan untuk memutuskan.

Pertimbangkan kecocokan budaya
“Budaya perusahaan sangat penting ketika memutuskan tawaran mana yang akan diterima karena Anda harus yakin bahwa Anda akan menikmati bekerja setiap hari,” kata Hywel.

Apa yang membentuk budaya yang baik sangat tergantung pada individu, jadi kandidat harus mengambil petunjuk dan wawasan di mana pun mereka bisa untuk menilai apakah tempat kerja itu tepat untuk mereka.

Pikirkan tentang jenis peran yang kamu nikmati di masa lalu, dan peran mana yang ditawarkan paling dekat dengan mereplikasi lingkungan itu.

Renungkan wawancaranya
“Proses wawancara adalah tempat keajaiban terjadi, menawarkan Anda kesempatan terbaik untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang bagaimana perusahaan beroperasi pada tingkat pribadi,” kata Dipen.

Namun, sementara kandidat mungkin tidak dapat membangun gambaran pekerjaan yang sepenuhnya akurat melalui wawancara, itu harus memberi mereka gambaran tentang apa yang diharapkan.

Dari wawancara yang baik, kamu akan dapat membayangkan seperti apa hari kerja biasa dan dapat mengukur budaya tempat kerja baru.

Baca juga: Takut Nyesel Sama Pekerjaan Baru? Ajukan Pertanyaan Ini Saat Interview

Jangan dibutakan oleh gaji
“Meskipun gaji jelas merupakan pertimbangan penting dalam setiap tawaran pekerjaan dan harus secara adil mencerminkan tingkat pekerjaan yang diharapkan, itu seharusnya tidak menjadi satu-satunya faktor yang menentukan apakah Anda menerima atau menolak tawaran,” Dipen memperingatkan.

Sebuah peran dapat menawarkan fasilitas non-moneter lainnya seperti peningkatan tanggung jawab atau eksposur yang lebih besar.

Jika kamu ingin membuat keputusan yang tidak bias berdasarkan gaji, abaikan paket keuangan dan fokuslah pada apa yang membuatmu tertarik dengan kedua penawaran tersebut.

Percaya insting
“Jika Anda telah mengajukan pertanyaan yang tepat dalam wawancara dan meneliti perusahaan dan peran spesifik yang ditawarkan, Anda harus berada di tempat yang tepat untuk membuat keputusan yang masuk akal dan terinformasi tentang pekerjaan mana yang harus Anda ambil,” simpul Hywel.

Namun, ia mencatat bahwa mengambil peran baru tidak pernah tanpa risiko terlepas dari seberapa banyak pemikiran yang telah diambil.

“Menghindari risiko bukanlah kualitas yang buruk ketika ingin berganti pekerjaan, tetapi pada titik tertentu, Anda mungkin hanya perlu memercayai naluri Anda dan mengambil lompatan keyakinan itu!” Tutu Hywel.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply