Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Langkah Hilangkan Stres di Tempat Kerja

career-lessons

Topcareer.id – Pekerja yang stres adalah pekerja yang tidak bahagia, dan pekerja yang tidak bahagia adalah pekerja yang tidak produktif. Jadi menghilangkan stres adalah sebuah keharusan.

Penting bagi pemberi kerja untuk dapat mengidentifikasi tanda-tanda stres di tempat kerja dan memahami cara mengurangi atau menghilangkannya.

Apa yang menyebabkan stres di tempat kerja?
Menurut APA, beberapa penyebab stres terkait pekerjaan yang umum adalah gaji rendah, tidak ada peluang untuk tumbuh, pekerjaan tidak menarik, kurangnya dukungan sosial, dan ekspektasi yang tidak jelas.

Apa saja tanda-tanda stres di tempat kerja?
Stres dapat muncul dengan sendirinya dalam berbagai cara.

Sebuah studi Colonial Life menemukan bahwa stres mengurangi keterlibatan karyawan (33%) dan produktivitas (41%), dan meningkatkan pergantian karyawan (15%) dan ketidakhadiran (14%).

Karena stres di tempat kerja dapat memengaruhi kamu secara fisik dan mental, penting untuk menghilangkannya.

Cara menghilangkan stres di tempat kerja
Mungkin perlu untuk berganti pekerjaan demi kesehatan, lalu apa lagi yang bisa kamu lakukan? Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi stres di tempat kerja.

1) Identifikasi penyebabnya
Ini mungkin tampak sederhana, tetapi mengidentifikasi sumber stres kamu bisa memulai proses penyembuhan.

Kesadaran diri membantumu mengidentifikasi hal-hal yang memicu keadaan pikiran yang penuh tekanan sehingga kamu bisa menemukan cara yang lebih baik untuk mengatasinya.

Karena ada banyak kemungkinan penyebab stres, penting untuk menginventarisasi kehidupan pribadi dan profesional.

Dari sana kamu bisa menentukan faktor mana yang paling menyebabkan kamu stres.

Setelah membuat daftar penyebab stres utama, kamu akan bisa mulai merencanakan jalur yang jelas untuk menghilangkan atau menguranginya.

2) Bersosialisasi dengan rekan kerja
Setelah mengidentifikasi bahwa stres terkait pekerjaan membebanimu, nilailah cara kamu bekerja dan berinteraksi dengan rekan kerja.

Sedikit perubahan pada komunikasi dan gaya kerja kamu dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar.

Baca juga: Merasa Stres dan Cemas di Kantor? Makan 7 Camilan Ini

3) Offline
Terhubung melalui perangkat seluler setiap saat hadir dengan serangkaian pemicu stresnya sendiri.

Panggilan telepon, WA, dan pembaruan email yang terus-menerus menjadi hal yang berlebihan, terutama saat kamu menjawab pesan setelah jam pulang kerja.

Manfaatkan waktu senggang untuk bersantai. Ini dapat membantu mengurangi stres tetapi juga menghindari kelelahan.

4) Jadwalkan istirahat
Rutinitas kamu sehari-hari sering memainkan peran besar dalam tingkat stres.

Menghentikan kebiasaan buruk dan menempa kebiasaan baik dapat membantumu merasa lebih nyaman selama hari kerja.

Ciptakanlah waktu istirahatmu sendiri yang kamu tentukan ke dalam jadwal harian.

5) Merawat diri
John Koeberer, penulis Green-Lighting Your Future: How to Manifest the Perfect Life, mengatakan diet sehat dan olahraga teratur, dapat mempersiapkan kamu untuk mengatasi stres.

Mengetahui bahwa pikiran, tubuh, dan jiwa kamu berada dalam kondisi yang kokoh adalah penghalang besar untuk stres menyerangmu.**(Feb)

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan