Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, September 25, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Merasa Stres dan Cemas di Kantor? Makan 7 Camilan Ini

Rasa cemas menghampiri kapan saja, di masa pandemi yang penuh ketidakpastian.Sumber foto: wrike.com

Topcareer.id – Rasa cemas menghampiri di mana-mana, kapan saja, di masa pandemi yang penuh ketidakpastian. Tapi, lewat makanan, mungkin jadi penawar stress dan kecemasan dalam hidup. Faktanya memang makanan yang tepat dapat membantu mengelola dan menekan stress.

Joy Bauer, ahli gizi terdaftar, ahli nutrisi dan kesehatan untuk NBC’s Today, dan penulis Super Food: 150 Recipes for Eternal Youth, membeberkan rekomendasi topnya untuk makanan yang dapat membantumu lebih rileks dan menghilangkan rasa cemas. Berikut daftarnya:

1. Jeruk

Satu jeruk mengandung sekitar 70 miligram Vitamin C, yang hampir memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi harianmu. Sementara Vitamin C sangat dipuji karena kemampuannya meningkatkan kekebalan tubuh, nutrisi ini juga dapat membantu mengurangi stres.

“Mulailah hari dengan jeruk saat sarapan atau nikmati satu sebagai camilan sore yang lezat dipadukan dengan almond atau yogurt. Tambahkan satu ke dalam salad untuk sedikit rasa manis, atau gunakan sebagai penutup untuk makan ayam atau ikan,” kata Bauer kepada Real Simple.

2. Teh

Teh Chammomile telah lama dikenal sebagai obat penenang ringan dan telah terbukti meredakan ketegangan otot serta kecemasan dan iritabilitas yang ringan. “Chamomile adalah salah satu tanaman obat yang paling umum digunakan dan paling terkenal di dunia,” kata Bauer.

Selain teh chamomile, ada yang lain yang membantu menurunkan stres dalam tubuh, yaitu teh thyme yang terbuat dari daun thyme. Sebagai teh herbal, baik chamomile dan thyme dapat diminum setiap saat sepanjang hari, mungkin saat sebelum tidur.

3. Chickpeas (kacang arab)

Kacang Gabanzo atau biasa dikenal kacang arab, memiliki tingkat tryptophan yang tinggi, merupakan asam amino yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin, bahan kimia yang berkontribusi terhadap perasaan kesejahteraan dan kebahagiaan.

Baca juga: Cara Atasi Overthinking Pada Orang Introvert (Bagian 2)

“Ini hanya satu asam amino (dan yang paling sedikit) yang bersaing untuk masuk ke otak. Dan menambahkan beberapa karbohidrat membantu menggerakkan asam amino yang kuat,” kata Bauer.

4. Oat (gandum)

Sementara semua jenis gandum dapat membantu mengurangi kecemasan, Bauer lebih menyukai steel-cut oat (oat dari roti gandum yang dicincang kasar) karena mereka diproses secara minimal, yang berarti akan ada peningkatan lebih lambat dalam gula darah, hasil yang dapat membantu menstabilkan suasana hatimu sehingga tak ada rasa cemas.

5. Salmon

“Selain membantu melawan depresi, penelitian telah menunjukkan bahwa lemak sehat ini sangat berguna dalam memerangi kecemasan. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan kecemasan hingga 20 persen pada orang dewasa muda yang mengalami pemicu stres sehari-hari yang diketahui memicu respons yang diliputi kecemasan,” jelas Bauer.

6. Alpukat

Berbicara tentang asam lemak omega-3, alpukat juga memiliki kandungan ini. Untuk mendapatkan manfaat dari lemak omega-3, yang termasuk mengurangi stres dan kecemasan, juga meningkatkan mood, kamu harus memastikan dirimu mendapat jumlah asam lemak yang tepat dalam diet.

7. Cokelat hitam

Cokelat hitam dapat membantu mengurangi stres dengan dua cara terpisah, menurut Everyday Health. Cokelat memiliki dampak kimiawi dan emosional. Camilan ini terasa seperti kesenangan, dan perasaan itu saja dapat membantu mengurangi stres. Coklat hitam juga kaya antioksidan, yang dapat membantu mengurangi stress.

Tinggalkan Balasan