Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 9, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Ini Pekerjaan Paling Membosankan di Dunia, Menurut Studi

Ilustrasi. Dok. Collective EvolutionIlustrasi. Dok. Collective Evolution

Topcareer.id – Apakah kamu berpikir pekerjaanmu adalah pekerjaan yang paling membosankan? Jika kamu berada di bidang keuangan, jawabannya ya. Itu menurut sebuah studi dari University of Essex di Colchester.

Para peneliti dari universitas asal Inggris itu bertanya kepada lebih dari 500 orang di lima eksperimen berbeda tentang karier dan hobi yang mereka anggap paling “membosankan” – dan karakteristik apa yang mereka kaitkan dengan orang-orang yang melakukan pekerjaan itu.

Studi ini diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin awal bulan ini.

Pekerjaan dalam bidang keuangan sangat ditandai sebagai industri paling membosankan di dunia, dengan posisi terkait keuangan menempati empat dari lima slot teratas dalam daftar “paling membosankan”.

Orang-orang yang menempati pekerjaan “membosankan” itu juga tidak dianggap kompeten, menurut laporan itu, yang mengejutkan setidaknya salah satu penulis penelitian.

“Saya akan berpikir bahwa akuntan akan terlihat membosankan, tetapi merupakan orang yang efektif dan sempurna untuk melakukan pekerjaan dengan baik pada pengembalian pajak,” kata Wijnand Van Tilburg, rekan penulis studi dan dosen senior di departemen psikologi universitas.

Tilburg mengatakan bahwa stereotip “orang membosankan” umumnya tidak disukai, dan sering dihindari oleh orang-orang di sekitar mereka – sebagian besar karena praduga yang tidak adil.

Baca juga: Cara Memutus Pekerjaan Setelah Seharian WFH

Menurut Tilburg, persepsimu tentang orang tentu bisa berubah seiring waktu, tetapi orang yang dijuluki “membosankan” sering kali tidak mendapatkan kesempatan untuk membuktikan stereotip itu salah.

“Fakta bahwa orang memilih untuk menghindarinya dapat menyebabkan pengucilan sosial dan meningkatkan kesepian, yang mengarah pada dampak negatif pada kehidupan mereka,” katanya.

Tilburg mengatakan dia meluncurkan penelitian untuk mengeksplorasi stigma seputar kebosanan, dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi cara manusia memandang satu sama lain: “Ironi mempelajari kebosanan sebenarnya sangat menarik dan memiliki banyak dampak kehidupan nyata.”

Berikut adalah hasil penelitian, termasuk daftar lima besar untuk pekerjaan yang penuh kebosanan dan pekerjaan yang paling menarik:

5 pekerjaan paling membosankan:

Data analysis
Akuntan
Pajak/asuransi
Cleaning
Perbankan

5 pekerjaan yang paling menarik:

Pekerja seni drama
Ilmuwan
Jurnalis
Profesional kesehatan
Mengajar

Leave a Reply