Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juli 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Memutus Pekerjaan setelah Seharian WFH

WFH. Dok/FlexJobsWFH. Dok/FlexJobs

Topcareer.id – Saat ini semua orang hidup dalam era digital yang membuat memutus gap antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi menjadi sulit karena saluran komunikasi selalu aktif selama bekerja dari rumah atau WFH.

Saat bekerja dari kantor ada pemisahan fisik antara kehidupan profesional dan pribadi, ini membuat pemutusan aktivitas kerja lebih mudah.

Dengan sebagian besar tempat kerja sekarang WFH, lebih sulit untuk mencabutnya di akhir hari kerja.

Berikut adalah tips agar kamu melepaskan diri dari pekerjaan setelah jam kantor selesai saat WFH:

Buat ‘ritual shutdown’
Di akhir hari kerja kamu, penting untuk membuat ‘ritual shut down’ atau penutupan sehingga kamu dapat meninggalkan pekerjaan kantor, meskipun kantor kamu mungkin ada di rumah.

Penting untuk mengganti dan mensimulasikan perjalanan yang merupakan ritual shutdown bawaan.

Misalnya, berjalan-jalan di sekeliling rumah, mengganti pakaian ‘kerja’ atau makan malam secara teratur.

Jangan membalas email yang tidak penting setelah jam kerja
Merasakan tekanan untuk selalu siap menjawab email setelah jam kerja adalah hal biasa, tetapi itu bukan praktik yang baik.

Untuk membantumu memutuskan kehidupan kerja saat WFH, biasakan untuk tidak memeriksa email kantor di malam hari.

Ini akan memungkinkan kamu untuk menghilangkan stres, mengisi ulang dan merasa segar untuk hari berikutnya.

Simpan semua benda yang berhubungan dengan pekerjaan
Teori ‘tidak terlihat, tidak terpikirkan’ adalah cara yang bagus untuk memutuskan hubungan dari hari kerja kamu.

Jika kamu melihat tas kerja atau laptop di sekitar rumah, kamu mungkin secara otomatis memikirkan pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

Menyembunyikan benda terkait pekerjaan bisa mencegah kamu memikirkan pekerjaan.

Pastikan bahwa ruang kerja kamu saat WFH bersih di penghujung hari dengan laptop kamu disimpan.

Baca juga: Tips agar Diperbolehkan WFH dan Kerja Hybrid

Terima batasan kemampuanmu
Beberapa hari kadang tidak ada cukup waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang ada di daftar tugas.

Penting untuk menerima dan mengakui batasanmu agar tidak memaksakan diri untuk menyelesaikan semuanya dalam sehari.

Prioritaskan tugas-tugas mendesak dan dorong tugas-tugas kamu yang lain ke hari berikutnya.

Akan selalu ada hal lain yang perlu kamu tangani, jadi di akhir hari kerja, tulis daftar tugas baru kamu untuk hari berikutnya.

Mencabut aktivitas kerja setelah seharian WFH adalah kunci work life balance yang sehat.

Tetapkan batasan, jangan berkomitmen berlebihan dan nikmati waktu senggang kamu.

Setelah menjalani beberapa latihan, kamu akan dapat bersantai setelah selesai bekerja dan mendapatkan hasil maksimal dari WFH.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan