Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Detail Sidang Isbat Puasa Ramadan 2022

Sumber foto: moroccoworldnews.comSumber foto: moroccoworldnews.com

Topcareer.id – Awal puasa setiap bulan ramadan akan diketahui setelah pengamatan hilal dan Sidang Isbat oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Namun, biasanya Muhammadiyah telah lebih dulu mengumumkannya, dan untuk tahun 2022 ini awal puasa atau bulan Ramadan 1443 H jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022.

Mengutip situs resmi Kemenag, Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriah akan berlangsung pada Jumat (1/4) petang.

Sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah, sidang Isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.

Hari Jumat (1/4) bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah.

Sidang Isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Ada juga kehadiran dari perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Link menyaksikan Sidang Isbat 2022
Sidang Isbat luring akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama RI.

Sementara, untuk pelaksanaan Sidang Isbat secara daring (online) bisa disaksikan pada link TVRI dan Kemenag.

Untuk link live streaming melalui TVRI bisa dilihat pada laman ini. Sementara untuk live streaming via media sosial bisa klik di sini.

Baca juga: Puasa Selama Ramadan Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Tahapan Sidang Isbat
Sidang isbat nantinya akan terbagi menjadi tiga tahap.

Tahapan pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Pemaparan ini dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB pada Jumat (1/4). Untuk sesi pertama ini terbuka melalui live streaming.

Kemudian tahap kedua, Sidang Isbat mulai membahas penetapan awal Ramadan 1443 Hijriah. Untuk sesi ini berlangsung secara tertutup setelah salat Maghrib.

Selain data hisab (informasi), Sidang Isbat ini juga merujuk pada hasil Rukyatul Hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di Indonesia.

Tahap terakhir atau yang ketiga, telekonferensi pers hasil Sidang Isbat akan disiarkan live oleh TVRI dan media sosial Kemenag.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan