Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Balik Ngantor Lagi? Lakukan 10 Hal Ini Biar Bebas Stres (Bagian 1)

tips kembali ngantor di masa pandemi.

Topcareer.id – Pengumuman untuk kembali ngantor full bisa bikin emosi dan pusing, apalagi masih di tengah pandemi. Ada banyak hal yang mungkin dipikirkan, seperti pakaian seperti apa yang harus dikenakan, rute mana yang tidak macet, dan sebagainya.

Jika perusahaanmu sudah mulai mengharuskanmu datang ke kantor, apalagi full seminggu, penting rasanya untuk mempersiapkan hal itu. Pelatih karier, Anyelis Cordero dan psikolog organisasi Michael Woodward berbagi soal perisapan apa yang bisa dilakukan sebelum kembali ngantor.

Seminggu sebelumnya

1. Pahami detail rencana kembali ke kantor perusahaanmu

Jika perusahaanmu belum mengirimkan panduan terperinci, Woodward merekomendasikan untuk mengirim email kepada manajer atau perwakilan SDM untuk mengetahui apa harapan karyawan dan informasi lain yang kamu perlukan untuk memudahkan transisi. Termasuk hari/jam berapa kamu harus berada di kantor, pengaturan meja kerja, dan protokol Covid-19.

2. Mintalah akomodasi yang mungkin kamu butuhkan

“Banyak orang telah beradaptasi atau melakukan perubahan rutinitas mereka, apakah itu penitipan anak, hewan peliharaan baru, atau pindah lebih jauh dari kantor yang mungkin harus mereka ubah atau batalkan sebelum kembali ke kantor,” kata Woodward.

Baca juga: Cara Tetap Bahagia Dalam Pekerjaan Yang Kamu Tidak Suka (Bagian 1)

Karyawan harus bersiap untuk meminta akomodasi kepada manajer mereka yang mereka perlukan untuk bekerja di kantor termasuk datang terlambat atau pulang lebih awal.

3. Petakan perjalananmu

Perjalanan ngantor mungkin banyak berubah dalam dua tahun terakhir, dan kamu mungkin terkejut betapa padatnya jalan dan angkutan umum karena semakin banyak orang yang kembali ke kantor.

Cerdas untuk melatih perjalananmu setidaknya sekali sebelum kamu kembali ngantor, kata Woodward, atau memetakan rute tercepat sehingga kamu tidak terlambat atau tersesat di hari pertama. Termasuk bertanya pada perusahaan soal situasi parkir.

4. Rencanakan kencan kopi atau makan siang dengan rekan kerja

Kamu tidak ingin hari pertamamu kembali penuh dengan rapat, karena kamu memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri di kantor, tetapi jadwalkan setidaknya satu kali jalan-jalan, rehat kopi, atau makan siang dengan rekan kerja yang kamu inginkan untuk terhubung kembali.

“Kita semua terhubung untuk melihat yang negatif, jadi tentu saja, kamu akan memiliki pola pikir pemindaian negatif saat kembali ke kantor. Tetapi jika kamu memiliki sesuatu di jadwal yang membuatmu bersemangat, itu akan membuatmu punya suasana hati yang lebih positif,” kata Woodward.

Leave a Reply