Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, September 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Balik Ngantor Lagi? Lakukan 10 Hal Ini Biar Bebas Stres (Bagian 2)

Kembali ngantor di masa pandemi.Ilustrasi. (Dok. Texas Construction Recruiters)

Topcareer.id – Pengumuman untuk kembali ngantor full bisa bikin emosi dan pusing, apalagi masih di tengah pandemi. Ada banyak hal yang mungkin dipikirkan, seperti pakaian seperti apa yang harus dikenakan, rute mana yang tidak macet, dan sebagainya.

Jika perusahaanmu sudah mulai mengharuskanmu datang ke kantor, apalagi full seminggu, penting rasanya untuk mempersiapkan hal itu. Pelatih karier, Anyelis Cordero dan psikolog organisasi Michael Woodward berbagi soal perisapan apa yang bisa dilakukan sebelum kembali ngantor.

Malam sebelumnya

5. Pilih pakaianmu

Beberapa perusahaan telah melonggarkan aturan berpakaian mereka setelah pandemi, tetapi Cordero mengatakan untuk menghubungi perwakilan SDM atau bertanya kepada rekan kerja tepercaya apa yang harus dikenakan. Pakaian bisnis kasual adalah taruhan yang aman.

6. Kemasi tas kerjamu

Periksa kembali apakah kamu memiliki semua persediaan yang dibutuhkan —dompet, laptop, charger, dan lainnya — siap digunakan sehingga kamu tidak membuang waktu untuk mencarinya di pagi hari, kata Woodward.

Cordero juga menyarankan untuk membawa bekal makan siang dan makanan ringan jika restoran yang sering kamu kunjungi sebelum pandemi tutup atau kamu tidak punya waktu untuk keluar kantor.

7. Tidur lebih awal

Kamu perlu menjadi dirimu yang terbaik dan beristirahat dengan baik sebelum bersatu kembali dengan atasan dan rekan kerja. Dan jika kamu memiliki perjalanan panjang atau banyak yang harus dilakukan di kantor, Cordero mengatakan tubuhmu akan berterima kasih atas delapan jam istirahat.

Baca juga: 10 Tips Simple Hindari Terlambat Masuk Kantor

Pagi hari

8. Periksa ramalan cuaca dan laporan lalu lintas

Kamu akan menyesal melewatkannya jika tiba-tiba ada badai petir atau kecelakaan di rute yang kamu rencanakan. Cordero menyarankan untuk tetap berada di depan setiap perubahan menit terakhir untuk perjalananmu dan memberi tahu atasanmu jika kamu perlu datang gak telat.

9. Hilangkan stres dengan meditasi mini atau pernapasan dalam

Cordero adalah penggemar latihan pernapasan dalam, yang dapat membantu tubuhmu rileks dan menjernihkan pikiran. Luangkan lima menit ” square breathing”: tarik napas selama empat detik, lalu tahan napasmu selama empat detik, embuskan napas ke empat hitungan lambat, jeda selama empat detik, lalu ulangi.

10. Tetapkan niat

Sebelum kamu berjalan keluar pintu, tulis atau ulangi niat tentang bagaimana kamu ingin kembali ke kantor untuk menetapkan nada positif di hari itu. “Misalnya, kamu mungkin berkata, ‘Saya akan bertemu orang baru, dan saya bersyukur memiliki pekerjaan untuk kembali,’” kata Cordero.

Pernyataan seperti itu dapat membantumu mengatasi ketidakpastian seputar kembali ke kantor. “Sebagai individu, terkadang kita harus mencari cara untuk menciptakan rasa kepastian kita sendiri dan mengurangi stres yang datang dengan hal yang tidak diketahui,” kata Woodward.

Tinggalkan Balasan