Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tren Resign Berjamaah Nggak Cuma di AS, tapi Juga di Negara-Negara Ini

Tata cara mengundurkan diri yang sopan dan profesional.Ilustrasi. (dok. ekunbiz)

Topcareer.id – Beberapa waktu lalu, pasar tenaga kerja Amerika Serikat (AS) dihantui oleh The Great Resignation atau resign bersamaan yang dilakukan oleh tenaga kerja. Tapi, ternyata tren resign berjamaah ini tak hanya terjadi di AS saja, tapi juga di seluruh dunia.

Banyak hal yang menjadi pendorong The Great Resignation di AS. Mulai dari ketidakpuasan dengan kondisi kerja, pekerjaan yang membosankan, hingga bos yang buruk. Seperti halnya pekerja pada umumnya yang mencari kesepakatan yang lebih baik.

Mengutip CNN, angka terbaru sekarang menunjukkan bahwa tren pengunduran diri telah melonjak di Inggris, Australia dan juga Prancis juga.

Sementara para ahli memang mengatakan tren pengunduran diri belum terjadi di negara-negara seperti Jerman dan Singapura, tapi menurut survei menunjukkan bahwa pekerja di sana juga mengincar pintu keluar.

Sebuah survei Desember oleh situs pekerjaan Indeed dari sekitar 1.000 pekerja di Singapura menemukan bahwa hampir setengah dari responden tidak yakin apakah mereka akan tetap di posisi mereka saat ini selama enam bulan ke depan.

Hampir seperempat berniat meninggalkan perusahaan mereka pada paruh pertama tahun ini. Data LinkedIn untuk Januari menunjukkan peningkatan mencolok dalam jumlah pekerja yang beralih industri di Spanyol, Belanda, dan Italia dibandingkan dengan awal 2021.

Dan dalam sebuah penelitian terhadap pekerja yang ditugaskan oleh perusahaan pengiriman pesan Slack, yang mencakup Australia, Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Jepang, dan Prancis, keterbukaan untuk mencari pekerjaan baru telah meningkat setiap kuartal sejak Juni.

“Ini adalah kalibrasi ulang yang dilakukan orang-orang di mana mereka memikirkan kembali peran pekerjaan dalam kehidupan mereka,” kata wakil presiden senior di Slack yang mengepalai inisiatif Future Forum, Brian Elliott dikutip dari laman CNN.

Baca juga: Ragam Fakta Menarik Tentang Cincin Planet Saturnus

“Mereka memikirkan kembali – tidak hanya dalam hal hal-hal seperti kompensasi – tetapi juga, jelas, hal-hal seperti fleksibilitas, tujuan, keseimbangan.”

Dalam sebuah posting Facebook awal tahun ini, Kementerian Tenaga Kerja Singapura mengatakan bahwa meskipun “spekulasi bahwa Singapura dapat mengalami gelombang ‘The Great Resignation’ yang serupa,” “statistiknya menunjukkan sebaliknya.”

Tingkat pengunduran diri di Siangpura adalah 1,7% pada akhir tahun lalu, sedikit di bawah tingkat sebelum Covid.

Di Eropa, banyak pemerintah menggunakan secara ekstensif program kerja waktu singkat, yang mendorong perusahaan yang kesulitan untuk mempertahankan puluhan juta karyawan tetapi mengurangi jam kerja mereka. Negara kemudian mensubsidi sebagian dari gaji mereka.

“Di seluruh Eropa, sebagian besar, orang bertahan dengan perusahaan yang mereka miliki,” kata Guillaume Menuet, kepala strategi investasi dan ekonomi untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika di Citi Private Bank.

Di Prancis, jumlah pengunduran diri selama kuartal ketiga tahun 2021, data terbaru yang tersedia, adalah yang tertinggi dalam catatan sejak tahun 2007.

Pemerintah Australia mengatakan bulan lalu bahwa 1 juta pekerja memulai peran baru dalam tiga bulan hingga November 2021. Tingkat peralihan pekerjaan hampir 10% di atas rata-rata pra-pandemi.

Dan di Inggris Raya, tingkat pekerja berusia 16 hingga 64 tahun yang berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya berada pada titik tertinggi sepanjang masa sebesar 3,2% antara Oktober dan Desember.

Leave a Reply