Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Tips Berbuka Puasa yang Sehat (Bagian 1)

Topcareer.id – Berbuka puasa dengan menu sehat dan seimbang itu penting karena itu adalah saatnya kamu mengisi ulang kembali energi dan membantu mempertahankan kesehatanmu dalam berpuasa pada hari berikutnya

Saat matahari terbenam, keluarga dan teman biasanya berkumpul di satu meja makan untuk berbuka puasa dengan makan bersama.

Namun, kamu harus berusaha untuk mengonsumsi makanan yang tepat agar mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kamu.

Ramadan adalah kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang baik dan sebaiknya tetap kamu lakukan setelah bulan puasa berakhir.

Berikut ini delapan tips berbuka puasa yang sehat.

Bagian pertama dari artikel:

Hidrasi sebelum makan
Minum banyak cairan seperti air mineral, jus segar, atau susu. Ini akan mencegah dehidrasi dan memberi tubuhmu cairan penting.

Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaikmu.

Minumlah 1 – 2 gelas air mineral sebelum makan dan tahan minum saat makan agar proses pencernaan tidak terhambat.

Waspadalah terhadap pilihan minuman dengan banyak kalori dan gula di bulan Ramadan.

Buka puasa dengan kurma
Secara tradisional, kurma dimakan pada awal berbuka puasa.

Kurma adalah booster gula alami yang bergizi, buah ini mengisi tubuhmu dengan energi yang sangat dibutuhkan.

Jika kamu menderita sakit kepala selama jam puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah.

Mulailah berbuka puasa dengan 2 buah kurma untuk mengisi kembali kadar gula kamu.

Selain menjadi sumber energi yang baik, kurma juga kaya akan potasium untuk membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik.

Tapi ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi kurma karena kandungan gulanya yang tinggi.

Makan semangkuk sup
Sup adalah hidangan yang baik saat berbuka puasa, sebab kaya akan air dan membantumu terhidrasi selain minum air mineral.

Konsumsilah sup sayuran bening, hindari sup berbahan dasar krim.

Baca juga: Menu Sehat Berbuka Puasa yang Tak Bikin Perut Buncit

Makan sayuran
Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang menyediakan begitu banyak nutrisi dengan kalori yang sangat rendah.

Semakin berwarna salad kamu, semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Sayur juga memberikan rasa kenyang dan memastikan kamu tidak makan hidangan utama secara berlebihan.

Kamu bisa pilih sayuran mentah maupun yang dimasak, atau kamu bisa memilih opsi jus sayuran.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan