Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Daftar 5 Orang Penting di Hidupmu untuk Kesuksesan Karier

Maju dalam karier.Work. Dok/cleverism.com

Topcareer.id – Untuk mencapai kesuksesan karier, secara strategis, kamu perlu menemukan orang-orang penting yang nantinya bisa menentukan posisimu di masa depan. Untuk mencapai tujuan kariermu, “orang penting” atau “tim impian” yang kamu tentukan harus selaras dengan misi.

Lisa Skeete-Tatum, pendiri dan CEO Landit, sebuah perusahaan teknologi yang didedikasikan untuk pembinaan karier untuk bisnis dan individu, menyebut timnya sebagai “dewan direksi pribadi”, dan mengatakan bahwa tanpa mereka, kesuksesannya tidak akan mungkin terjadi.

Berikut adalah lima orang yang menurut Tatum yang dibutuhkan setiap orang di tim impian pribadi mereka demi mencapai kesuksesan karier.

1. Seorang mentor

Kebanyakan orang akrab dengan memiliki seorang mentor, baik secara pribadi atau profesional, yang membantu melatih dan membentuk dirimu menjadi versi yang lebih baik.

Menurut Guider, pusat bimbingan di tempat kerja, mentor bertanggung jawab untuk memperkenalkanmu pada cara berpikir baru, menantang asumsimu yang membatasi, berbagi pelajaran hidup yang berharga, dan banyak lagi.”

Namun, ketika mendekati seorang mentor potensial, penting untuk membiarkan hubungan itu terjadi secara alami. Guider merekomendasikan untuk mengundang mentor potensial untuk makan siang, atau obrolan kopi virtual.

2. Seorang sponsor

Sponsor adalah seseorang yang dapat berbicara tentang kekuatan dan kemampuanmu saat kamu tidak berada di sana. Tatum menjelajahi “Efek Sponsor” selama TED Talk 2018, menyoroti manfaat karier yang telah diamati oleh orang-orang dengan sponsor.

“Mereka yang memiliki sponsor memperoleh keuntungan 22-30% lebih banyak dalam hal kompensasi dan kemajuan karier. Dan jika kamu adalah orang kulit berwarna, itu 65%,” kata dia.

Baca juga: Orang Paling Sukses Punya Jenis Kecerdasan Ini, Bukan IQ Atau EQ

3. Sebuah konektor

Konektor menggunakan jaringan hubungan, sumber daya, dan kekuatan mereka yang dibangun selama bertahun-tahun berada di bidang tertentu untuk membuatmu berhubungan dengan orang yang tepat.

Saat menunjuk konektor, kenali seseorang yang selalu tahu siapa yang harus dihubungi untuk menyelesaikan sesuatu. Pastikan mereka tahu cara menjaga hubungan di berbagai bidang, dan pandai membuat perkenalan.

Forbes menyarankan untuk mempertimbangkan seseorang dengan banyak follower di platform seperti LinkedIn atau Twitter, atau seseorang yang bertanggung jawab untuk mengatur dan merencanakan acara perusahaan.

4. Seorang point expert

Orang ini memiliki semua jawaban dan selalu bersedia membuatmu mengetahui informasi yang mungkin perlu kamu tingkatkan secara pribadi atau profesional.

“Kami tidak punya waktu untuk mempelajari semua yang perlu kami ketahui, jadi siapa orang yang dapat menjawab 5, 10, 15 pertanyaan secara mendalam di bidang keahlian mereka dan dapat berbagi pengetahuan denganmu,” kata Tatum.

Seorang point expert tidak hanya berpengetahuan, tetapi terampil, dan memiliki pengalaman dunia nyata untuk mendukung informasi mereka.

5. Teman dekat

Menurut Tatum, jalan untuk mencapai tujuanmu, pribadi atau profesional, memiliki “pasang surut yang ekstrem.” Penting untuk memiliki seseorang di sudutmu yang dapat kamu curahkan tentang pasang surutnya menjadi yang kamu inginkan.

Teman dekatmu harus menjadi seseorang yang membuat nyaman menanggung perasaanmu tanpa khawatir akan penilaian. Kamu telah membangun hubungan dengan mereka dalam rentang waktu yang lama, dan percaya bahwa mereka akan memandumu melewati masa-masa sulit.

Leave a Reply