Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Orang Paling Sukses Punya Jenis Kecerdasan Ini, Bukan IQ Atau EQ

Kecerdasan yang dimiliki orang sukses, bukan hanya IQ dan EQ.Work. Dok/payscale.com

Topcareer.id – Kamu mungkin pernah mendengar tentang EQ (kecerdasan emosional) atau IQ (kecerdasan intelektual). Tapi apa kamu pernah dengan tentang RQ? RQ adalah kecerdasan relasional, atau keterampilan menavigasi hubungan dengan baik.

“Sebagai peneliti EQ yang telah melatih ribuan orang, saya telah menemukan bahwa kemajuan spiritual, fisik, finansial, emosional, dan profesional kita terikat pada siapa yang kita izinkan dalam hidup kita,” kata Dharius Daniels, Pakar Kecerdasan Emosional, dikutip dari laman CNBC Make It.

Menurut Daniels, RQ adalah kemampuan untuk membedakan apakah seseorang harus menjadi bagian dari hidup kita dan tempat apa yang harus mereka tempati, dan kemudian menyelaraskannya sesuai dengan itu.

Ini juga memberimu wawasan tentang apakah kamu berlebihan atau malah kurang usaha dan waktu dalam suatu hubungan. Langkah pertama adalah mendefinisikan hubunganmu, dan ada empat kategori yang perlu dipertimbangkan:

1. Teman

Kita seharusnya tidak merasakan hal yang sama dalam persahabatan kita seperti yang kita rasakan, katakanlah, di tempat kerja, di mana kita hanya bertukar keterampilan. Dengan kata lain, jika kamu tidak menyumbangkan bakat atau kemampuanmu di tempat kerja, maka tidak akan ada hubungan apa pun.

Tetapi hubungan yang kita miliki dengan orang yang kita sebut teman tidak boleh bersifat transaksional. Mereka adalah satu-satunya tempat di mana kita bisa menjadi diri kita yang sebenarnya. Dengan teman, kita harus bisa mengatakan: “Inilah saya, dan saya tidak perlu mencoba menjadi orang lain.”

2. Rekanan

Rekan sering samar dengan definisi teman. Tetapi RQ seseorang adalah yang memungkinkan mereka untuk mengenali perbedaannya. Kamu memasukkan seseorang ke dalam kategori rekanan ketika tidak ada cukup waktu, minat, atau keinginan untuk mengembangkan jenis koneksi yang diperlukan untuk persahabatan.

Baca juga: Mulailah Berpikir Kritis, Begini Langkah-Langkahnya!

Ini adalah hubungan di mana seseorang tidak suka, untuk alasan apa pun, terlibat lebih dalam dari permukaan. Mungkin ada kurangnya chemistry atau sangat sedikit minat bersama. Mungkin ada inkonsistensi karakter yang membuat Anda merasa tidak aman di sekitarnya.

3. Assignments

Jenis hubungan ini ada terutama untuk tujuan satu orang memberikan bimbingan, pelatihan atau pembinaan kepada orang lain. Ciri utama dari kategori keterlibatan dalam penugasan adalah bahwa hal itu dapat menjadi pertukaran yang tidak seimbang.

Hubungan penugasan ada secara khusus untuk tujuanmu memberikan kepada seseorang apa yang mungkin telah kamu terima dari orang lain. Kadang-kadang, bahkan mungkin ada semangat persahabatan, meskipun seseorang tidak benar-benar menjadi teman.

Orang tanpa RQ tidak menyadari hal ini dan berisiko membuat kesalahan dengan memperlakukan assignments seperti teman.

4. Penasihat

Penasihat berfungsi sebagai mentor dan menawarkan bimbingan dalam bidang tertentu dalam kehidupan kita, biasanya untuk waktu yang terbatas. Kita mungkin memiliki penasihat profesional di bidang karier kita, atau penasihat spiritual yang memberi kita wawasan, kebijaksanaan, dan arahan.

Penasihat mencegah kita dari terpapar unsur-unsur seperti rasa sakit dan kesalahan yang tidak perlu, tetapi mereka juga merupakan katalisator. Mereka menyebabkan hal-hal terjadi bagi kita yang tidak akan terjadi tanpa mereka. Mereka membantu kita melangkah lebih jauh lebih cepat.

Leave a Reply