Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Ambil 5 Langkah Ini untuk Tingkatkan Tabungan Darurat

Ilustrasi dana darurat.Ilustrasi (Dok. AIM)

Topcareer.id – Menurut para ahli, penting untuk memiliki dana darurat untuk antisipasi pukulan finansial yang tak terduga. Jumlah ideal yang setidaknya dimiliki untuk dana darurat, yakni tiga hingga enam bulan biaya hidup. Sulit kelihatannya, dan banyak orang gagal mengatur dana ini.

Sebuah studi Bankrate menemukan hanya 44% orang yang bersedia membayar pengeluaran tak terduga sebesar USD1.000 dengan uang tunai. Lebih dari sepertiga orang perlu meminjam dana. Tapi, kamu bisa gunakan beberapa cara ini untuk mengumpulkan dan mengelola dana darurat.

1. Kurangi tagihan bulananmu

Kemungkinannya adalah, penghematan besar bisa saja dilakukan dengan menilai kembali pengeluaranmu sehari-hari. Perencana keuangan bersertifikat, Ted Jenkin, merekomendasikan orang-orang untuk melakukan pendekatan detoks pada anggaran rumah tangga mereka.

Lihatlah 21 tagihan terbesar yang kamu miliki — jika kamu memiliki sebanyak itu — dan cobalah untuk mengubahnya. Ambil paket internet, telepon, dan tagihan kabel, misalnya. Tanyakan kepada provider apakah ada peluang untuk paket atau tarif yang lebih baik. Selidiki juga opsi lain yang tersedia melalui perusahaan lain.

“Kebanyakan orang benar-benar tidak meluangkan waktu untuk melihat di mana mereka mengeluarkan uang terlalu banyak dan menilai apa perbedaannya,” kata Jenkin.

2. Nilai kembali kebiasaan kartu kreditmu

Saldo kartu kredit dapat dikenakan biaya hingga 20%, jika kamu tidak hati-hati. Yang benar menurut Jenkin adalah tidak memerlukan lebih dari dua kartu kredit, kecuali jika kamu seorang pemilik bisnis.

Karena itu, Jenkin merekomendasikan untuk memulai dengan apa yang dia sebut “operasi plastik” — potong kartumu sampai hanya tersisa dua. Kemudian, nilai kembali hadiah yang telah kamu kumpulkan untuk melihat bagaimana kamu dapat mengubahnya menjadi dana tambahan.

3. Simpan uangmu di tempat yang aman

Jenkin menyebutkan, bahkan dengan suku bunga yang masih pada rekor terendah, rekening tabungan di bank komunitas online atau lokal tetap menjadi tempat terbaik untuk memastikanmmu dapat mengakses uang saat kamu membutuhkannya, kata Jenkin.

Baca juga: Pekerja Dengan Gaji Di Bawah Rp 3 Juta Bakal Dapat BSU

Jika kamu kehilangan pekerjaan atau memulai bisnis, kamu pasti menginginkan akses cepat ke uang tunaimu. “Kamu tidak mampu memasukkannya ke dalam crypto atau pasar saham. Melakukan itu selama tiga atau enam bulan adalah perjudian.”

4. Jual apa yang tidak gunakan

Jika kamu belum pernah menggunakan sesuatu dalam setahun – selain pusaka keluarga atau dekorasi liburan – inilah saatnya untuk menjualnya, kata Jenkin.

Jika kamu tidak mengenakan kemeja dalam setahun, misalnya, kamu dapat membongkarnya di situs web seperti Poshmark. Barang elektronik yang tidak kamu gunakan dapat dijual di situs tertentu. “Ada banyak, banyak aplikasi dan situs web yang pada dasarnya menjual barang-barangmu,” kata Jenkin.

Jika kamu belum siap untuk berpisah dengan suatu barang selamanya — seperti mobil tambahan, misalnya — kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyewakannya.

5. Ambil pekerjaan sampingan

Menghasilkan lebih banyak uang tidak harus berhenti menjual barang-barang; kamu juga bisa menjual keahlianmu, kata Jenkin. “Jika kamu memiliki kesibukan, keterampilan, atau bakat, cobalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan itu untuk membangun cadangan uang tunai,” kata Jenkin.

Leave a Reply